Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

STANDAR BINA MARGA FREE DOWNLOAD

STANDAR BINA MARGA
(28 buku)

 

STANDAR BINA MARGA
Standar Bina Marga

Halo sobat teknik sipil, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu dan diberi kemudahan dalam segala hal. Amin Allahumma Amin. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Standar Bina Marga kepada sobat semua.

Standar ini merupakan buku dengan format pdf, dalam buku tersebut sobat bisa mempelajari secara langsung untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang dunia teknik sipil. Atau bisa juga dijadikan sebagai bahan referensi untuk tugas ataupun makalah.

Daftar Standar Bina Marga

Bagi pelaku dunia teknik sipil tidak asing lagi dengan istilah standar, namun bagi yang baru masuk ke dunia teknik sipil akan terasa asing dengan istilah standar. Agar tidak penasaran, dibawah ini saya membuat daftar standar bina marga yang bisa didownload secara gratis. Agar sobat teknik sipil bisa belajar dan mempelajari apa saja standar yang sudah dikeluarkan oleh Bina Marga. Berikut adalah daftarnya :

1

Panduan Pengawasan Jembatan

Panduan ini menguraikan metode yang digunakan dalam hal Pengawasan Pelaksanaan Penggantian Jembatan dan Rehabilitasi Jembatan

Tujuan Panduan Pengawasan Supervisi ini adalah untuk meningkatkan mutu pengelolaan proses pembangunan jembatan dan meningkatkan mutu pelaksanaan jembatan.


2

Box Culvert Triple

Standarisasi ini bertujuan untuk memudahkan para perencana dan pelaksana dalam tercapainya kelancaran pembangunan box culvert jenis triple.

Buku ini dilengkapi dengan gambar standar box culvert triple dari ukuran terpendek 150 x 100 dan yang terpanjang 300 x 300.


3

Box Culvert Double

Standarisasi ini bertujuan untuk memudahkan para perencana dan pelaksana dalam tercapainya kelancaran pembangunan box culvert jenis double.

Buku ini dilengkapi dengan gambar standar box culvert double dari ukuran terpendek 150 x 100 dan yang terpanjang 300 x 300.


4

Box Culvert Single

Standarisasi ini bertujuan untuk memudahkan para perencana dan pelaksana dalam tercapainya kelancaran pembangunan box culvert jenis single.

Buku ini dilengkapi dengan gambar standar box culvert single dari ukuran terpendek 150 x 100 dan yang terpanjang 300 x 300.


5

Standar Jembatan Komposit

Standarisasi ini bertujuan untuk memudahkan para perencana dan pelaksana jembatan komposit, sehingga tercapai efisiensi dan penghematan waktu dalam pembangunan jembatan gelagar komposit.

Buku ini dilengkapi dengan gambar standar jembatan komposit dari bentang 8m, 10m, 12m, 14m, 16m, 18, dan 20m.


6

International Road HandBook 1

Buku standar ini berisi tentang panduan pemeliharaan jalan agar jalan menjadi layak dilewati bagi pengguna jalan

7

International Road HandBook 3

Buku standar ini berisi tentang panduan pemeliharaan jalan agar jalan menjadi layak dilewati bagi pengguna jalan

8

International Road Maintenance Handbook 4

Buku standar ini berisi tentang panduan pemeliharaan jalan agar jalan menjadi layak dilewati bagi pengguna jalan

9

Klasifikas Fungsi Jalan Perkotaan

Buku panduan ini dimaksudkan untuk dapat memberikan arahan dan bimbingan dalam perencanaan jaringan jalan di wilayah perkotaan.

Buku panduan ini hanya membahas jaringan jalan di wilayah perkotaan yang terdiri dari sistem jaringan jalan primer dan sekunder. Pokok bahasan meliputi sistem jaringan jalan dan kriteria untuk fungsi ruas jalan.


10

Perhitungan Engineer Estimate

Buku panduan ini bertujuan untuk menyamakan konsep dasar pembuatan EE (Engineer Estimate) bagi unsur Perencana dengan konsep dasar pembuatan OE (Owner Estimate) bagi unsur Pelaksana, serta mendukung penyiapan EE dan OE tersebut agar lebih akurat pada proses perencanaan, pra kontrak maupun pada saat kaji ulang perencanaan (review desain/ technical justification) pada proses pelaksanaan konstruksi.

LINK DOWNLOAD

11

Survey Pendahuluan Jembatan Perkotaan

Survai pendahuluan jembatan ini dimaksudkan untuk mengumpulkan data secara visual di lapangan guna mendukung usulan penanganan jembatan baik penggantian jembatan maupun pembangunan jembatan baru berdasarkan pertimbangan teknis dan ekonomis.

12

Pondasi Cerucuk

Tata cara ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi para pelaksana dalam melaksanakan pekerjaan pondasi cerucuk kayu di atas tanah lembek dan tanah gambut.

Tujuannya adalah untuk mempermudah cara pelaksanaan pondasi cerucuk kayu di atas tanah lembek dan tanah gambut.


13

Jembatan Gantung Kendaraan

Standarisasi Bangunan Atas Jembatan Gantung ini dimaksudkan untuk penyeragaman perencanaan dan pelaksanaan bangungan atas jembatan gantung selain juga mempermudah perencana dan pelaksana jembatan dalam pekerjaannya.

Ruang lingkup standarisasi ini meliputi dasar-dasar perencanaan dan pelaksanaan, persyaratan material serta persyaratan pelaksanaan.

Buku ini juga memuat gambar standar jembatan gantung dengan bentang 30m, 60m, 90m dan 120m.


14

Perencanaan Jalan Beton Semen

Pedoman ini mencakup dasar-dasar ketentuan perencanaan perkerasan jalan, yaitu :

- Analisis kekuatan tanah dasar dan lapis pondasi.

- Perhitungan beban dan komposisi lalu-lintas.

- Analisis kekuatan beton semen untuk perkerasan

Pedoman Perkerasan Seton semen ini menguraikan Prosedur Perencanaan Tebal Perkerasan dan contoh Perhitungan. 


15

Juklak Rigid Pavement

Buku standar ini pada dasarnya mencakup masalah pengenalan secara umum mengenai beton semen, pelaksanaan pekerjaan dimulai dari pekerjaan persiapan lapangan sampai dengan pekerjaan akhir antara lain pembuatan alur dan pematangan (curing).

Yang dimaksud perkerasan kaku pada petunjuk ini adalah perkerasan jalan yang menggunakan bahan pengikat peralatan yang umum dikenal sebagai perkerasan beton semen. 


16

Spek Penguatan Tebing

Buku Spesifikasi ini dimaksudkan untuk dijadikan  pegangan bagi Pembina Jalan dalam merencanakan perkuatan lereng timbunan dan galian pada Jalan Perkotaan, dengan tujuan agar dapat dihasilkan jalan yang lebih baik sesuai fungsinya.

Spesifikasi ini mencakup hal-hal yang berkenaan dengan :

(1) Fungsi perkuatan lereng

(2) Jenis perkuatan lereng

(3) Material yang digunakan

(4) bentuk perkuatan lereng


17

Spesifikasi Kerb

Buku Petunjuk Penempatan Kereb ini dimaksudkan untuk menjadi petunjuk dalam pemasangan dan penempatan kereb sebagai pelengkap jalan yang ber-fungsi sesuai dengan tujuannya.

Ruang lingkup pembahasan dari buku petunjuk ini mencakup masalah-masalah :

- Pembahasan teknis seperti : Fungsi, struktur dan dimensi kereb.

- Penempatan kereb.


18

Perencanaan Trotoar

Buku standar ini dimaksudkan untuk dapat memberikan petunjuk praktis perencanaan trotoar baik pada jalan baru maupun pada jalan lama.

Perencanaan trotoar meliputi perencanaan penempatan, penentuan dimensi, pemilihan struktur dan hal-hal lain yang perlu.

Mengingat sebagian besar kebutuhan pejalan kaki terdapat di wilayah perkotaan, maka buku petunjuk ini digunakan khusus untuk perencanaan trotoar di wilayah perkotaan.


19

Standar jalan Perkotaan 1

Buku standar ini berisi gambar standar dan ketentuan mengenai marka jalan, pemberhentian bis, kerb, trotoar, pengaman tepi, persimpangan, pemisah (separator) urban damaja/ damija.

20

Standar jalan Perkotaan 2

Buku standar ini merupakan alanjutan dari standar jalan perkotaan 1. Didalam standar ini berisi gambar standar dan ketentuan perkerasan kaku, drainase dan perbaikan kerusakan aspal.

21

Gambar Standart Jalan & Jembatan

Pada buku standar ini berisi gambar standar jalan dan jembatan dari devisi 1 sampai devisi 10 (mengacu pada spek jalan dan jembatan.

22

Standart Jembatan Rangka

Buku standar ini berisi gambar standar bangunan atas jembatan rangka baja untuk klas A dan klas B dari bentang 40m, 45m, 50m dan 60m.

23

Standart Pedoman Manual

Buku ini berisi standar, pedoman dan manual

Volume 1. Studi Kelayakan

Volume 2. Pengelolaan Lingkungan

Volume 3. Analisa Lalulintas

Volume 4. Perencanaan Geometrik

Volume 5. Manajemen Lalu-lintas dan Keselama- tan Jalan

Volume 6. Perencanaan Geoteknik Jalan

Volume 7. Perencanaan Perkerasan Jalan

Volume 8. Perencanaan Hidrologi dan Drainase

Volume 9. Jembatan dan Bangunan Pelengkap

Volume 10. Pelaksanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan

Volume 11. Kontrak Pekerjaan Sipil

Volume 12. Pemeliharaan Jalan dan Jembatan


LINK DOWNLOAD

24

Perencanaan Struktur Baja

Standar Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan ini digunakan untuk merencanakan jembatan jalan raya dan jembatan pejalan kaki di Indonesia, yang menggunakan bahan baja dengan panjang bentang tidak lebih dari 100 meter.

Standar ini meliputi persyaratan minimum untuk perencanaan, fabrikasi, pemasangan dan modifikasi pekerjaan baja pada jembatan dan struktur komposit, dengan tujuan untuk menghasilkan struktur baja yang memenuhi syarat keamanan, kelayanan dan keawetan.

Cara perencanaan komponen struktur yang digunakan berdasarkan Perencanaan Beban dan Kekuatan Terfaktor (PBKT).


25

Perencanaan Struktur Beton Jembatan

Standar Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan ini digunakan untuk merencanakan jembatan jalan raya dan jembatan pejalan kaki di Indonesia, yang menggunakan komponen struktur beton bertulang dan beton prategang dengan memakai beton normal, dan dengan panjang bentang tidak lebih dari 100 meter.

Standar ini menggunakan acuan dokumen yang dipublikasikan oleh Standar Nasional Indonesia (SNI), ASTM dan AASHTO.


26

UKL UPL & Amdal

Buku standar ini berisi tentang persyaratan dan ketentuan mengenai dampak lingkungan pada saat Tahap Pra-konstruksi, Tahap Konstruksi dan ahap Pasca Konstruksi.

LINK DOWNLOAD

27

Perencanaan Pemisah

Buku standar ini berisi tentang petunjuk bagi perencana dan pihak lainnya mengenai tata cara perencanaan Pemisah pada jalan-jalan di kota.

Buku tata cara ini lebih menekankan pada perencanaan praktis pembangunan Pemisah yang meliputi dasar pemikiran perencanaan, dimensi, struktur dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Pemisah tengah dan Pemisah luar.


28

Pemeliharaan Rigid Pavement

Tiga hal yang menjadi tujuan pemeriksaan rutin dalam pemeli-haraan jalan, adalah :

1) Menghilangkan penyebab kerusakan perkerasan jalan dan membuat langkah- langkah pencegahan.

2) Menemukan lokasi kerusakan jalan pada tahap sedini mungkin, untuk dilakukan penanganan sementara dan merencanakan perbaikan secepat mungkin.

3) Mempertimbangkan pengaruh pelaksanaan perbaikan terhadap lalu-lintas dan lingkungan di sepanjang jalan.



Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini. 

Apabila sobat teknik sipil ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

 Group Instagram Youtube

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Standar Bina Marga, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman anda di sosial media agar bermanfaat bagi yang lainnya dan semoga kebaikan kalian mendapatkan Berkah dan Rahmat dari Sang Maha Pencipta... Amin Allahumma Amin. 

2 comments for "STANDAR BINA MARGA FREE DOWNLOAD"