Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PETUNJUK PERENCANAAN TROTOAR JALAN RAYA

PETUNJUK PERENCANAAN TROTOAR

 PETUNJUK PERENCANAAN TROTOAR 
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 12 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : Departemen Pekerjaan Umum
 Sifat : GRATIS
Download

CUPLIKAN ISI EBOOK

PETUNJUK PERENCANAAN TROTOAR
Buku ini dimaksudkan untuk dapat memberikan petunjuk praktis perencanaan trotoar baik pada jalan baru maupun pada jalan lama.

Perencanaan trotoar meliputi perencanaan penempatan, penentuan dimensi, pemilihan struktur dan hal-hal lain yang perlu. Mengingat sebagian besar kebutuhan pejalan kaki terdapat di wilayah perkotaan, maka buku petunjuk ini digunakan khusus untuk perencanaan trotoar di wilayah perkotaan. 

Yang dimaksud dengan trotoar adalah jalur pejalan kaki yang terletak di daerah manfaat jalan, diberi lapis permukaan, diberi elevasi lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan, dan pada umumnya sejajar dengan jalur lalu lintas kendaraan. Fungsi utama trotoar adalah untuk memberikan pelayanan kepada pejalan kaki sehingga dapat meningkatkan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pejalan kaki tersebut. 

Trotoar juga berfungsi Memperlancar lalu lintas jalan raya karena tidak ter­ganggu atau terpengaruh oleh lalu lintas pejalan kaki. Ruang di bawah trotoar dapat digunakan sebagai ruang untuk menempatkan utilitas dan pelengkap jalan lainnya. 

Post a Comment for "PETUNJUK PERENCANAAN TROTOAR JALAN RAYA"