Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Volume Beton Pondasi Sumuran Jembatan

Cara-Mudah-Menghitung-Volume-Beton-Dinding-Sumuran-Jembatan
Cara Mudah Menghitung Volume Beton Dinding Sumuran
Halo sobat teknik sipil, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat, panjang umur dan berkah lancar... Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan Cara Menghitung Volume Beton Dinding Sumuran kepada kalian semua.

Pengertian Pondasi Sumuran

Pondasi sumuran adalah suatu pondasi yang berbentuk seperti sumur, didalamnya terdapat isian berupa beton cyclop dan beton mutu sedang (fc'20). Pondasi sumuran sering dipakai pada jembatan diindonesia dengan bentang jembatan relatif pendek. Diameter sumuran bermacam-macam sesuai dengan hasil perhitungan struktur atas dan bawah jembatan. 

Pemasangan pondasi sumuran menggunakan metode gravitasi, diturunkan sedikit demi sedikit agar terdapat friction/ gesekan dengan tanah asli atau existing. Maksimum kedalaman pondasi sumuran adalah 6 meter.

Pengertian Volume Beton Dinding Sumuran

Volume beton dinding Sumuran jembatan adalah besarnya kapasitas beton pada bagian dinding sumuran yang terpasang dalam satuan meter kubik (m3). volume dapat dihitung menggunakan rumus bangun datar dikalikan dengan tebal dinding sumuran jembatan. volume ini digunakan untuk menghitung kebutuhan volume pada tahap perencanaan, pengawasan maupun pelaksanaan.

Menghitung Volume Beton Dinding Sumuran Jembatan

Untuk menghitung volume beton dinding sumuran jembatan, tentunya harus mengetahui dimensi atau ukuran dinding sumuran jembatan itu sendiri. Ukuran dinding sumuran jembatan didapat dari gambar perencanaan, gambar kerja atau dinding sumuran jembatan yang sudah terpasang.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang Rumus Dasar Untuk Menghitung Dan Membuat Back Up Volume Pekerjaan Jalan Dan Jembatanuntuk menghitung volume beton dinding sumuran jembatan perlu membuat garis bantu berupa bidang datar. Tujuannya untuk memudahkan dalam menghitung volumenya.

Contoh Soal :

Hitung volume beton dinding sumuran jembatan dengan tebal beton 30 cm dan dimensi dinding sumuran jembatan seperti gambar dibawah ini (gambar dalam satuan mm).
Cara-Mudah-Menghitung-Volume-Beton-Dinding-Sumuran-01

Jawab :
Untuk menghitung volume beton dinding pondasi sumuran perlu tahu diameter atau jari-jarinya. Perlu diingat bahwa pondasi sumuran berbentuk tabung, jadi bisa langsung menggunakan rumus tabung ataupun menggunakan rumus lingkaran dikalikan dengan tebal dan tinggi pondasi sumurannya.

Jadikan satuan ukuran sama semua (semua ukuran dijadikan meter)

1. Luas alas sumuran : nx jari-jari x jari-jari x tebal (rumus lingkaran)
                                : 3.14 x 1.5 x 1.5 x 0.3
                                : 2.11 m2

2. Volume sumuran    : luas alas sumuran x tinggi

                                : 2.11 x 3
                                : 6.35 m3

volume dinding sumuran diatas untuk 1 buah. Sedangkan dalam soal, jumlah dinding pondasi sumuran terdapat 2 buah. Maka volume betonnya dikalikan dengan 2, sehingga menjadi :

3. Total volume beton dinding sumuran : 2 x 6.35

                                                         : 12.71 m3

Selesai.... Kira-kira seperti itu penjelasan cara untuk menghitung volume beton dinding pondasi sumuran. Mudah sekali bukan....

Apabila sobat teknik sipil ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

 Group Instagram Youtube

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Cara Menghitung Volume Beton Dinding Pondasi Sumuran, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial medial, terimakasih semoga bermanfaat....

Post a Comment for "Cara Menghitung Volume Beton Pondasi Sumuran Jembatan"