Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MUDAH MENGHITUNG VOLUME BETON GIRDER JEMBATAN

Cara-Mudah-Menghitung-Volume-Beton-Girder-Jembatan
Cara Mudah Menghitung Volume Beton Girder Jembatan

Halo sobat teknik sipil, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat, panjang umur dan berkah lancar... Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan Cara Mudah Menghitung Volume Beton Girder Jembatan kepada kalian semua.

Pengertian Girder Jembatan

Girder Jembatan adalah elemen jembatan yang terbuat dari beton bertulang berfungsi sebagai penyalur beban yang berasal dari kendaraan.

Girder juga mempunyai bentuk yang berbagai macam seperti girder I, girder T, box girder single dan multi sel sebagai konstruksi jalan raya. Menurut material penyusunnya girder dapat terdiri dari girder beton dan girder baja. 

Sedangkan menurut sistem perancangannya, girder terdiri dari girder precast yaitu girder beton yang telah di cetak di pabrik tempat memproduksi beton kemudian beton tersebut di bawa ke tempat pembangunan jembatan atau fly over dan pada saat pemasangan dapat menggunakan girder crane. 

Selain girder precast, juga dikenal istilah on-site girder, yaitu girder yang di cor di tempat pelaksanaan pembangunan jembatan, girder ini dirancang sesuai dengan perancangan beton pada umumnya yaitu dengan menggunakan bekisting sebagai cetakannya.

Pengertian Volume Beton Girder Jembatan

Volume beton girder jembatan adalah besarnya kapasitas beton pada girder jembatan yang terpasang dalam satuan meter kubik (m3). Volume dapat dihitung menggunakan rumus balok. volume ini digunakan untuk menghitung kebutuhan volume pada tahap perencanaan, pengawasan maupun pelaksanaan.

Menghitung Volume Beton Girder Jembatan

Untuk menghitung volume beton girder jembatan, tentunya harus mengetahui dimensi atau ukuran girder jembatan itu sendiri. Ukuran girder jembatan didapat dari gambar perencanaan maupun gambar kerja.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang Rumus Dasar Untuk Menghitung Dan Membuat Back Up Volume Pekerjaan Jalan Dan Jembatanuntuk menghitung volume beton bgirder jembatan mengetahui ukuran atau dimensinya. Tujuannya untuk memudahkan dalam menghitung volumenya.

Contoh Soal :

Hitung volume beton girder jembatan, jika panjang girder jembatan 10 meter dan jumlah girder ada 6 buah. Dimensi girder jembatan seperti gambar dibawah ini (gambar dalam satuan mm).
Jawab :
Perlu diingat bahwa girder jembatan berbentuk balok, jadi bisa langsung dihitung menggunakan rumus balok.

Jadikan satuan ukuran sama semua (semua ukuran dijadikan meter)

1. Volume girder jembatan    : panjang x lebar x tebal
                                          : 10 x 0.85 x 0.4
                                          : 3.40 m3

volume girder jembatan diatas untuk 1 buah. Sedangkan dalam soal, jumlah bore pile terdapat 6 buah. Maka volume betonnya dikalikan dengan 6, sehingga menjadi :

2. Total volume girder jembatan : 3.40 x 6 bh

                                               : 20.4 m3

Selesai.... Kira-kira seperti itu penjelasan cara untuk menghitung volume beton girder jembatan. Mudah sekali bukan....

Apabila sobat teknik sipil ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

 Group Instagram Youtube

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Cara Mudah Menghitung Volume Beton Girder Jembatansemoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menambah referensi pengetahuan. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial medial, terimakasih semoga bermanfaat....

Post a Comment for "CARA MUDAH MENGHITUNG VOLUME BETON GIRDER JEMBATAN"