Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Strip Map di Autocad Dengan Cepat Menggunakan Script Autocad

Cara-Membuat-Strip-Map-Di-Autocad-Dengan-Cepat
Cara Membuat Strip Map Di Autocad Dengan Cepat

Cara membuat Stripmap di autocad dengan cepat menggunakan Script Autocad
Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang Script Autocad membuat perintah Polyline ,Namun pada kesempatan ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat Script Autocad perintah Text dengan cepat. Mungkin bagi teman-teman yang sudah biasa mengenal atau menggunakan program Autocad akan tidak asing lagi dengan perintah Text. Namun cara cepat menggunakan perintah Text juga diperlukan untuk memudahkan dan efisiensi waktu dalam melakukan pekerjaan menggunakan program Autocad.

Misalkan saja dalam contoh mengedit nilai Stasioner (Sta) atau Kilometer (Km) pada gambar stripmap penanganan jalan. Gambar stripmap ini berfungsi untuk menggambarkan atau menginformasikan kondisi ruas jalan existing maupun yang akan dikerjakan sesuai dengan kondisi saat ini. Gambar stripmap dibuat dengan format Simple Flat dengan interval stasioner 50-100 meter dan panjangnya sesuai panjang penanganan.

Kalau misalkan panjang penganan hanya 2 km maka ada 20 Sta yang perlu dibuat sehingga tidak perlu menggunakan Script Autocad. Tapi kalau panjang stripmap 60 Km berarti ada 600 Sta yang harus dibuat (bila dibuat per 100 m, kalau dibuat per 50 m maka ada 1200 sta), banyak juga yaaa!!!!!.. dan yang pasti lama juga!!!!!!...

Untuk menghemat waktu pengerjaan maka diperlukan Script Autocad. Nah, bagaimana cara membuatnya?? ikutilah langkah-langkah dibawah ini..

1. Buka Ms. Excell, lalu buat format seperti petunjuk angka 1 sampai angka 6.
1. Pada tulisan “STA” tertulis 0 + 050, angka tersebut ditulis di cell C11, D11, E11. STA merupakan singkatan dari stationer yang nantinya akan dimasukkan ke autocad.
2. Pada tulisan “Penggabungan” merupakan penggabungan dari cell C11, D11 dan E11. Dengan menulis rumus =C11&" "&D11&" "&E11 sehingga mendapatkan hasil 0 + 050.
3. Pada tulisan “Interval” terdapat nilai X = 40 dan Y=50 ini maksudnya bahwa script autocad dimulai dari koordinat (0,50) dan jarak antar text di autocad 40 cm. Nilai X dan Y ini bisa dirubah sesuai kebutuhan, Agar tau perubahannya maka rubahlah nilai X dan Y tersebut.
4. Pada tulisan “Jarak” terdapat nilai 40, nilai tersebut merupakan penjumlahan dengan rumus =H10+$H$3.
5. Pada tulisan “Script Autocad” ketik tulisan ini di cell J8 tanpa tanda kurung _layer make NO-STA c WHITE NO-STA LW 0.18 NO-STA L continuous NO-STA set NO-STA (ini untuk penulisan script di layer program autocad). Dan ketik juga tulisan ini di cell J9 tanpa tanda kurung _STYLE A-01 ARIAL 3 1 0 N N (ini untuk penulisan script Style Text pada program autocad)
6. Untuk nomor 6 merupakan penggabungan dengan rumus ="text j bc "&H11&","&$H$4&" 0 "&F11&""

Cara-Membuat-Strip-Map-Di-Autocad-01
Cara Membuat Strip Map Di Autocad 01
  
2. Ulangi cara diatas untuk sta 0+100 sampai 1+950 (saya memasukkan hanya sampai 1+950 saja karena ini hanya untuk contoh, kalau anda ingin menuliskan lebih dari 1+950 juga tidak masalah)
3. Apabila semua rumus sudah dselesaikan, maka langkah selanjutnya adalah mengcopy Script autocad dari atas sampai bawah. Dalam contoh kali ini yang perlu dicopy adalah tulisan dari _layer make NO-STA c WHITE NO-STA LW 0.18 NO-STA L continuous NO-STA set NO-STA sampai dengan tulisan text j bc 1560,50 0 1 + 950.
4. Selanjutnya buka program Notepad dan pastekan didalamnya. Lalu simpan file notepad dengan memberi nama dan akhiri dengan format .scr pada contoh kali ini saya memberi nama latihan1.scr
Cara-Membuat-Strip-Map-Di-Autocad-02
Cara Membuat Strip Map Di Autocad 02

5.  Buka program autocad lalu klik Tools dan pilih Run Script, lalu pilih file notepad yang disimpan. Setelah itu klik open seperti gambar dibawah ini.
Cara-Membuat-Strip-Map-Di-Autocad-03
Cara Membuat Strip Map Di Autocad 03

6. Secara otomatis stasioner yang awalnya ditulis di ms. Excel dan disimpan di notepad muncul dengan sendirinya. Sekarang tinggal copy stasioner dengan perintah copy atau pindahkan dengan perintah move dan tempelkan pada stripmap.
Cara-Membuat-Strip-Map-Di-Autocad-04
Cara Membuat Strip Map Di Autocad 04

Cara-Membuat-Strip-Map-Di-Autocad-05
Cara Membuat Strip Map Di Autocad 05
Cara-Membuat-Strip-Map-Di-Autocad-06
Cara Membuat Strip Map Di Autocad 06

7.    Selesai..!!!!

Mudah sekali bukan !!!!
Menggunakan cara ini lebih praktis dan lebih efisien dari pada menulis stasioner secara manual. Seperti yang sudah sya terangkan diatas apabila menulis stasioner secara manual untuk ruas jalan dengan panjang 60 Km dan interval jarak 50 m bisa jadi 1 minggu baru selesai, apalagi saat mengerjakan ditinggal piknik selama 6 hari,… he..hee..he.. bercanda bro…..!!!

Script Autocad ini memang sangat membantu sekali, perlu banyak latihan dan membaca agar tau seluk beluk dari script. Mungkin awal belajar script memang agak membuat pusing, tapi lama kelamaan setelah mencoba akan lebih pusing sekali hee..hee..hee bercanda bro…!!!! Semua tergantung dari niat, kalau sudah diniati di dalam hati, apapun akan menjadi lebih mudah. Belajar itu tidak ada kata terlambat selama masih ada nafas dan kesempatan.

Apabila kurang jelas bisa dilihat di Video Tutorial yang sudah saya buat.
Baiklah sobat, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
Apabila sobat teknik sipil ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Sekian ulasan mengenai Script Autocad untuk perintah Text dari saya semoga bermanfaat. Ikuti terus artikel dari saya. Salam Penarik Garis........!!!!! Terimakasih……!!!!!

4 comments for "Cara Membuat Strip Map di Autocad Dengan Cepat Menggunakan Script Autocad"

  1. Ulasannya keren banget..
    Bikin yang banyak bang tutorial kya gini

    ReplyDelete
  2. terimaksih sudah mengunjungi,, jangan lupa dibagikan agar bisa bermanfaat untuk yang lainnya

    ReplyDelete
  3. link download nya g bisa di buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link download sudah diperbaiki..silahkan klik tulisan Download pada kolom yang sudah disediakan

      Delete