Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Script Autocad Menggunakan Ms. Excell : Perintah Line

Script Autocad

CARA MEMBUAT SCRIPT AUTOCAD
MENGGUNAKAN MS. EXCELL BAGIAN 1
(Membuat Perintah Line)



PENGENALAN
Sebelum menulis tentang artikel ini saya mau menyampaikan bahwa saya masih dalam tahapan belajar. Jadi nanti kalu misalkan ada beberapa kesalahan dalam menyajikan dan misalkan nanti ada pertanyaan mohon bantuannya dan kita bahas bersama-sama.
Script adalah program yang akan berjalan tanpa interaksi pengguna, artinya sebuah program akan berjalan dengan sendirinya melalui perintah yang sudah diberikan sebelumnya. Perintah ini yang akan ditulis menggunakan bahasa program. Dan perintah ini memudahkan dalam melakukan pekerjaan terutama dalam mengoperasikan autocad.

TUJUAN MEMBUAT SCRIPT
Sebelum kita membuat perintah script autocad, kita harus tau dahulu mau membuat perintah apa di dalam program autocad. Misalkan mau membuat perintah line, plot, circle dll. Perintah yang akan kita tulis harus mengikuti perintah yang biasa digunakan dalam program autocad, agar perintah yang kita tulis tadi dapat dibaca dan dijalankan oleh autocad.

MEMBUAT SCRIPT AUTOCAD
Kali ini saya akan membuat perintah “line”. Perintah “line” adalah perintah autocad yang digunakan untuk membuat garis. Sedangkan definisi garis adalah hubungan antara dua titik atau lebih. Jadi sebelum membuat garis, harus ada titik-titik yang akan dihubungkan.
Contoh :

No titik
X
Y
P1
34
32
P2
46
19
P3
70
31
P4
96
16
P5
68
13
P6
82
5
P7
108
10

Data diatas terdapat (No Titik, Koordinat X dan Koordinat Y) agar bisa dibaca di program autocad koordinat x dan y harus digabungkan dulu. Caranya buka Ms. Excel salin data diatas lalu gabungkan koordinat x dan y dengan simbol Ampersand (&), bisa juga dengan menggunakan fungsi CONCAT.
Maka hasilnya seperti ini :

No titik
X
Y
Koordinat
P1
34
32
34,32
P2
46
19
46,19
P3
70
31
70,31
P4
96
16
96,16
P5
68
13
68,13
P6
82
5
82,5
P7
108
10
108,10

(Berhubung contoh diatas hanya menggunakan 7 titik saja maka tidak perlu menggunakan fungsi pengabungan di Ms. Excel. Tapi kalau data titik lebih dari 100 alangkah baiknya menggunakan bantuan Ms. Excell untuk memudahkan dalam menggabungkan koordinat x dan y)

Langkah selanjutnya block dan copy koordinat dari nomor titik P1 sampai P7 lalu paste ke “notepad”. Paling atas diberi tulisan “Line” yang merupakan salah satu perintah dari program autocad. 
 SCRIPT_AUTOCAD_MENGGUNAKAN_EXCELL_015
Simpan file notepad dengan mengakhiri tanda (.scr) agar perintah dapat di baca oleh program autocad. Kali ini sya memberi nama file (Latihan.scr)
SCRIPT_AUTOCAD_MENGGUNAKAN_EXCELL_016
Script Autocad

Buka dan jalankan program Autocad.
Klik TOOLS dan pilih Run Script…
SCRIPT_AUTOCAD_MENGGUNAKAN_EXCELL_017














Pilih lokasi dan nama file yang kita simpan, lalu klik Open
SCRIPT_AUTOCAD_MENGGUNAKAN_EXCELL_018













Secara otomatis garis sudah terbentuk menghubungkan 7 (tujuh) titik dari data kita tadi.
SCRIPT_AUTOCAD_MENGGUNAKAN_EXCELL_019
Ini menunjukkan perintah bisa dibaca dan berjalan di dalam program autocad. Setelah ini tinggal mengembangkan lagi perintah (script) untuk menghubungkan jumlah titik yang lebih banyak. Misalkan titik koordinat dari data hasil pengukuran jalan. Sekian dari saya semoga bermanfaat. Terimakasih……!!!!! Salam Penarik Garis……….!!!!
Kalau masih bingung bisa melihat video tutorialnya, tinggal klik saja.

Jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya Cara Membuat Sript Autocad Menggunakan Ms. Excell : Perintah Polyline

Post a Comment for "Cara Membuat Script Autocad Menggunakan Ms. Excell : Perintah Line"