Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Jembatan Kayu Bentang 6 Meter Dwg Autocad

Jembatan-Kayu-Bentang-6-Meter-Dwg-Autocad
Jembatan Kayu Bentang 6 Meter Dwg Autocad

Jembatan Kayu adalah jembatan sederhana yang mempunyai panjang relatif pendek dengan beban yang diterima relatif ringan yang material strukturnya terbuat dari kayu. Penggunaan kayu sebagai bahan utama jembatan sebenarnya digunakan dimasa lampau untuk menghubungkan sungai karena bahan kayu merupakan bahan yang potensial dan telah cukup lama dikenal oleh manusia, bila dibandingkan dengan bahan lain seperti baja, beton atau lainnya.

Kayu memiliki kekuatan yang berbeda dalam menerima beban dari material baja maupun beton, yaitu berhubungan dengan arah saat menerima beban, karena struktur serat kayu memiliki nilai kekuatan yang berbeda. Saat menerima gaya sejajar maka kayu akan memliki kekuatan yang lebih besar dan sebaliknya saat beban tegak lurus arah serat kayu maka kekuatan kayu akan melemah. Selain itu, Sifat kayu yang relatif ringan dan proses pengerjaannya dapat dilakukan dengan peralatan yang sederhana bila dibandingkan dengan material struktur lainnya.

Kelebihan Jembatan Kayu

Pada dasarnya kayu merupakan bahan alam yang banyak memiliki kelemahan struktural, sehingga pengunaan kayu sebagai bahan struktur perlu memperhatikan sifat- sifat tersebut. Oleh sebab itu, maka struktur kayu kurang popular dibandingkan dengan beton dan baja. Berikut ini kelebihan dari jembatan kayu:

1. Kayu bersifat lestari dan ramah lingkungan

Salah satu keuntungan utama penggunaan kayu dalam konstruksi jembatan adalah merupakan sumber daya terbarukan yang ramah lingkungan. Berbeda dengan bahan bangunan lainnya, seperti baja atau beton, kayu merupakan bahan alami yang membutuhkan lebih sedikit energi untuk diproduksi dan memiliki jejak karbon yang lebih rendah. Selain itu, kayu bersifat biodegradable, artinya pada akhir masa pakainya, kayu dapat dengan mudah didaur ulang atau dibuang tanpa merusak lingkungan.

2. Jembatan kayu hemat biaya

Keuntungan lain menggunakan kayu dalam konstruksi jembatan adalah pilihan yang hemat biaya. Kayu tersedia secara luas dan relatif murah dibandingkan bahan lain seperti baja dan beton. Selain itu, jembatan kayu dapat dibangun dengan cepat dan mudah, sehingga dapat menghemat biaya konstruksi dan mengurangi jangka waktu proyek secara keseluruhan.

3. Jembatan kayu kuat dan tahan lama

Meskipun ringan dan terlihat alami, kayu merupakan bahan bangunan yang sangat kuat dan tahan lama. Jembatan kayu dirancang untuk menahan beban berat dan kondisi cuaca ekstrem. Jika dirawat dengan baik, jembatan kayu dapat bertahan selama beberapa dekade, menjadikannya solusi infrastruktur yang andal dan tahan lama.

4. Jembatan kayu memiliki keindahan yang estetis

Keunggulan lain dari jembatan kayu adalah daya tarik estetikanya. Kayu adalah bahan alami dan hangat yang dapat menambah karakter unik pada lanskap apa pun. Jembatan kayu dapat dirancang untuk menyatu sempurna dengan lingkungan sekitar, menciptakan struktur yang menarik secara visual dan harmonis yang melengkapi lingkungan alam.

5. Jembatan kayu dapat meningkatkan perekonomian lokal

Penggunaan kayu dalam konstruksi jembatan juga dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal. Kayu sering kali diperoleh secara lokal, sehingga dapat menciptakan peluang kerja dan mendukung bisnis lokal. Selain itu, jembatan kayu dapat menarik wisatawan dan pengunjung ke daerah tersebut, sehingga dapat meningkatkan perekonomian lokal dan mendorong pariwisata berkelanjutan.

Kekurangan Jembatan Kayu

1. Kelangkaan Kayu

Ketersediaan kayu dengan sifat yang sesuai dengan jembatan sudah semakin langka diperoleh seperti kayu Kulim (Pongamia pinnata), kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri), kayu Merbau (Intsia bijuga), Meranti Batu (Shorea sp) dan beberapa jenis kayu kelas kuat satu lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan suatu inovasi dengan memanfaatkan kayu-kayu yang masih banyak tersedia tetapi sifatnya memenuhi syarat. Cara yang dilakukan adalah dengan aplikasi komposit kayu serta peningkatan ketahanan, kekuatan serta keawetan dari kayu yang dijadikan sebagai bahan baku kontruksi jembatan.

2. Menurunnya kualitas dan kuantitas kayu

Semakin menurunnya kualitas dan kuantitas kayu hutan alam, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan efisiensi penggunaan kayu sebagai bahan konstruksi dapat dilakukan dengan pemanfaatan kayu lokal mutu rendah dari jenis-jenis kayu cepat tumbuh (fast growing) dengan teknologi kayu komposit. Jenis-jenis kayu cepat tumbuh pada umumnya mempunyai ciri berdiameter kecil dan mutu rendah, misalnya; kayu Agatis, Acacia Magnium, Mahang, dan Sengon. Apabila jenis-jenis kayu tersebut dimanfaatkan sebagai bahan pengisi kayu komposit, selain dapat menghemat penggunaan kayu berkualitas lebih tinggi, dapat pula diaplikasikan untuk keperluan konstruksi beban berat yang relatif murah dan relatif tahan lama.

Sifat Fisik dan Mekanik Kayu

Kayu memiliki perbedaan kekuatan dan kekakuan bukan saja antar spesies, namun juga dalan species yang sama. Hal tersebut  di atas disebabkan oleh beberapa kondisi antara lain karena sifat pertumbuhan kayu, iklim, kepadatan hutan, lokasi pengolahan kayu, kadar air, dan cacat-cacat kayu sehingga berpengaruh pula pada sifat fisik dan mekanik kayu yang dihasilkan.

Pada umumnya kayu-kayu yang terberat merupakan kayu yang terkuat dan bahwa keteguhan, kekerasan dan hampir semua sifat-sifat teknis lainnya berbanding lurus dengan berat jenis. Penyimpangan-penyimpangan dapat terjadi antara lain disebabkan oleh kadar ekstraktiv yang tinggi atau endapan-endapan diantara serabut-serabut kayu. Zat-zat tersebut tidak meningkatkan kekuatan mekanik kayu, tetapi umumnya pertambahan tebal dinding serabut-serabut dan sel-sel menyebabkan kenaikan berat jenis kayu.

Download Gambar Jembatan Kayu Bentang 6 Meter Format Dwg Autocad

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Screenshoot Gambar Jembatan Kayu Bentang 6 Meter Format Autocad

Jembatan-Kayu-Bentang-6-Meter-Dwg-Autocad-01
Jembatan Kayu Bentang 6 Meter Dwg Autocad 01

Jembatan-Kayu-Bentang-6-Meter-Dwg-Autocad-02
Jembatan Kayu Bentang 6 Meter Dwg Autocad 02

Post a Comment for "Gambar Jembatan Kayu Bentang 6 Meter Dwg Autocad"