Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RAB Jembatan Rangka Baja Format Excel


RAB-Jembatan-Rangka-Baja-Format-Excel
RAB Jembatan Rangka Baja Format Excel

Halo gaes, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat, panjang umur dan berkah lancar... Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan membagikan file tentang RAB Jembatan Rangka Baja Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Artikel ini diperuntukan untuk anda yang ingin belajar membuat Rencana Anggaran Biaya, terlebih lagi untuk pelajar, siswa dan siswi yang masih sangat pemula dalam menegenal dunia teknik sipil. Agar mudah dipelajari dan dipahami dalam membuat Rencana Anggaran Biaya.

Pengertian Rencana Anggaran Biaya/ RAB Jembatan Rangka Baja?
Rencana Anggaran Biaya atau disingkat RAB adalah Perkiraan total biaya yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan dalam bidang konstruksi jembatan rangka baja. RAB memiliki peranan yang sangat penting, karena RAB memiliki fungsi sebagai acuan dasar dan alat kontrol dalam melaksanakan suatu pekerjaan.

Bisa anda dibayangkan apabila suatu pekerjaan konstruksi tanpa adanya Rencana Anggaran Biaya??? besar kemungkinan akan terjadi kacau balau...

Pelaksanaan proyek tanpa ada RAB akan mengakibatkan pembengkakan biaya. Ini terjadi karena pembelian bahan material bangunan yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan, upah pekerja yang tidak terkontrol, pengadaan peralatan/ barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi, dan berbagai dampak lainnya. Makanya Rencana Anggaran Biaya atau disingkat RAB sangat penting sekali dalam suatu pekerjaan konstruksi.

Komponen Rencana Anggaran Biaya/ RAB Jembatan Rangka Baja

Rencana Anggaran Biaya memiliki beberapa komponen yang sangat penting diantaranya sebagai berikut:
- Nomor Mata Pembayaran
- Uraian Pekerjaan
- Perkiraan Volume Pekerjaan
- Satuan Volume Pekerjaan
- Harga Satuan
- Analisa Harga Satuan
- Jumlah Biaya
RAB-Jembatan-Rangka-Baja-Format-Excel
RAB Jembatan Rangka Baja Format Excel
Menurut Spesifikasi Teknis Binamarga 2018 Revisi 2 dalam bidang jalan dan jembatan terdapat 10 divisi yang akan menentukan uraian pekerjaan, mutu material, peralatan, item pembayaran dan lain sebagainya. 10 divisi ini merupakan bagian terpenting dalam menganalisa, mengukur, menentukan koefisien dan menghitung RAB, sehingga dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya/ RAB Jalan beton harus mengacu pada spesifikasi teknis tersebut.

Download Rencana Anggaran Biaya/ RAB Jembatan Rangka Baja Format Excel
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format excel, sehingga dapat memudahkan dalam memahami, dan belajar membuat Rencana Anggaran Biaya/ RAB sendiri.

Baiklah sobat, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 RAB  DOWNLOAD 

Apabila sobat teknik sipil ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
 Group Instagram  Youtube

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat RAB Jembatan Rangka Baja Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat....

Post a Comment for "RAB Jembatan Rangka Baja Format Excel"