Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Lantai Panel Segmental Ortothropik Baja Jembatan Rangka Baja

Preservasi-istem-Lantai-Panel-Segmental-Ortothropik-Baja-Di-Jembatan-Rangka-Baja
Sistem Lantai Panel Segmental Ortothropik Baja Di Jembatan Rangka Baja

Preservasi Sistem Lantai Panel Segmental Ortothropik Baja Jembatan Rangka Baja

 Kode : -
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 36 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan 
 Sifat : GRATIS
 Download 

CUPLIKAN ISI EBOOK


Pendahuluan
Sebelum kegiatan preservasi dapat dilaksanakan dilakukan :
• Pengamatan di lapangan untuk mengidentifikasi mode kerusakan sistem struktur lantai dan Laston Lapis Aus (AC-WC) Modifikasi yang terjadi di Jembatan Citarum 1 (Kab. Bandung) dan Jembatan Cisadane (Kab. Bogor)  untuk diperbandingkan dengan hasil perencanaan teknis
• Pengidentifikasian respon struktur akibat beban lalu-lintas dengan melakukan monitoring 3 x 24
• Pengujian skala laboratorium sistem lantai secara penuh
• Evaluasi kebutuhan perbaikan sistem sambungan

Kondisi lalu lintas di jembatan merupakan jalur penambangan pasir. Kebanyakan kendaraan yang melewati jembatan ini merupakan kendaraan berat

Kondisi bagian bawah jembatan yang banyak tumpukan tanah yang menyangkut pada gelagar melintang maupun rangka

Seluruh lapis permukaan aspal pada jembatan terlepas dari lapisan epoksi & agregat satu lapis, termasuk dengan lapisan epoksinya 

Dari hasil pengujian secara umum bahwa:
1. Struktur ortotropik tidak mengalami kerusakan setelah mengalami pengujian selama 100.000 siklus, tetapi beberapa buah baut mengalami kerusakan pada daerah ulir.
2. Data dari sensor strain gauge, menunjukkan angka maksimum sekitar 200 micro strain pada beban maksimum, artinya tegangan yang terjadi pada beban maksimum pada strain gauge sekitar 4.2 N/ mm2
3. Data data lendutan/ displacement tercatat bahwa lendutan maksimum adalah sekitar 4 mm.

Dengan memperbesar baut baris ke-4 dari M16 menjadi M20, Tegangan yang terjadi pada baut baris 4 menjadi sebesar + 400 Mpa (+ 62% proof stress)

Pd 09 - 2018- B
SE Menteri PUPR
Nomor : 14/SE/M/2019 Tanggal : 11 September 2019

Ruang Lingkup Pedoman:
1. Penjelasan bentuk panel segmental ortotropik
2. Penjelasan umum lingkup preservasi
3. Penjelasan umum Prosedur Preservasi
4. Identifikasi kondisi elemen panel segmental ortotropik
5. Gambaran umum pemeriksaan khusus yang dapat diterapkan
6. Preservasi elemen panel segmental ortotropik

Preservasi Jembatan
tindakan atau strategi yang mencegah, memperlambat, atau mengurangi deteriorasi jembatan atau elemen jembatan; mengembalikan fungsi jembatan yang ada; menjaga jembatan dalam kondisi baik; dan memperpanjang umur layannya.

Metoda perbaikan dan cara memperpanjang umur struktur dek ortotropik yang dilakukan di luar negeri. 
• Steel Fibre Reinforced Concrete (Jepang).
• Pengikatan pelat baja yang baru terhadap pelat baja yang lama dengan berbagai macam cara (Belanda).
• Penerapan lapisan beton bertulang ultra kinerja tinggi di atas dek pelat baja (Belanda).

Renovation method (Jong 2007)
• Renovation method 1: high performance concrete  161
• Renovation method 2: bonded timber planks  163
• Renovation method 3: bolted timber planks  164
• Renovation method 4: bolted aluminium planks  165
• Renovation method 5: bonded aliminium planks  167
• Renovation method 6: formed steel plate, bolted connection  168
• Renovation method 7: formed steel plate, bonded connection  169
• Renovation method 8: bonded aluminium extruded profiles  170
• Renovation method 9: steel plate connected with rubber vulcanization  172
• Renovation method 10: steel plate connected with polyurethane layer  173
• Renovation method 11: prefabricated bonded sandwich panel  174
• Renovation method 12: second steel plate bonded to existing deck  175
• Renovation method 13: trough filling  176

Metoda perbaikan jembatan ortotropik di Belanda, dengan metoda pengikatan pelat baja yang baru dengan yang lama (lanjutan)
Metoda perbaikan jembatan ortotropik di Belanda, dengan metoda mengisi ribs di trek roda dengan polyuretan.

PRESERVASI PELAT ORTOTROPIK
I. Mobilisasi
- Personil, bahan dan peralatan
- Pembuatan perancah gantung
- Manajemen Lalu Lintas (Penutupan satu lajur)

II. Pembongkaran
- Aspal
- Ortotropik
   o Pelepasan semua baut
   o Pelepasan pelat penyambung arah melintang
   o Pelepasan pelat penyambung arah memanjang
   o Pelepasan modul trotoar
   o Perbaikan lubang drainase

III. Preservasi
- Pengecatan ulang ortotropik
- Pembesaran pipa drainase
- Pembesaran lubang baut gelagar melintang
- Modifikasi pelat penyambung

IV. Pemasangan
- Ortotropik

V. Pemasangan
- Ortotropik
- Gus Asphalt dan atau membrane bakar
- Aspal
- Marka Jalan

Post a Comment for "Sistem Lantai Panel Segmental Ortothropik Baja Jembatan Rangka Baja"