Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Provincial Kabupaten Road Management System (PKRMS)

Provincial-Kabupaten-Road-Management-System-(PKRMS)
Provincial Kabupaten Road Management System (PKRMS)

 PROVINCIAL/ KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) 
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 38 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : -
 Sifat : GRATIS
Download

ISI EBOOK


Pengertian P/KRMS adalah merupakan alat bantu yang digunakan dalam perencanaan, pemrograman, dan penganggaran untuk Jalan Provinsi dan Jalan Kabupaten.

Output dari PKRMS diantaranya adalah untuk mengetahui jenis penanganan yang harus dilakukan pada suatu ruas jalan, meliputi jenis pemeliharaan rutin, rutin kondisi, berkala, rehabilitasi, pelebaran/rekonstruksi, termasuk kebutuhan biaya dan prioritisasi penanganan.

PKRMS diharapkan dapat diterapkan pada seluruh jalan provinsi dan kabupaten, terutama daerah yang penanganan jalannya melalui pendanaan DAK agar survey kondisi jalan yang dilakukan dengan PKRMS cukup dilakukan satu kali tiap tahunnya, dan hasilnya dapat digunakan untuk perencanaan pemrograman melalui DAK/ PHJD dan PRIM sekaligus.

Umum
Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Kewenangan Pemerintah Pusat melakukan pembinaan jalan secara umum dalam penyusunan dan penetapan norma, standar, prosedur, dan kriteria pengaturan jalan.

Pemenuhan Manual untuk Penyiapan strategi dan kebijakan atas data termasuk tata kelola, siklus perencanaan tahunan, proses pengumpulan data yang berkualitas, proses perencanaan, pemrograman, dan penganggaran pemeliharaan/ preservasi jaringan jalan yang terintegrasi dengan alat penunjang Provincial/Kabupaten Road Management System dalam siklus perencanaan

Manual ini dapat dijadikan acuan bagi pemangku kepentingan di pemerintah Provinsi/ Kabupaten dalam menjalankan seluruh rangkaian pemrograman pekerjaan pemeliharaan jaringan jalan Provinsi/ Kabupaten

Maksud dan Tujuan
Surat Edaran ini dimaksudkan sebagai acuan teknis untuk pemerintah daerah dalam perencanaan, pemrograman, dan penganggaran (PPP) jalan provinsi/kabupaten. Adapun Surat Edaran ini bertujuan untuk mewujudkan pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan/preservasi jaringan jalan provinsi/kabupaten agar dapat berlangsung secara akuntabel, efektif, dan efisien.

Ruang Lingkup
1. Gambaran Umum tentang PKRMS dan konsep pemeliharaan aset jalan;
2. Aplikasi PKRMS;
3. Panduan Rinci Penggunaan Aplikasi PKRMS;
4. Panduan Teknik Pengumpulan Data Aplikasi PKRMS

Manual Aplikasi PKRMS
Manual ini digunakan sebagai acuan dalam perencanaan, pemrograman, dan penganggaran (PPP) Jalan provinsi/ kabupaten di seluruh Indonesia;

Penerapan PKRMS akan diberlakukan secara bertahap dengan prioritas pertama berlaku bagi provinsi/ kabupaten yang sudah siap melaksanakan pengaplikasian PKRMS;

Untuk provinsi/ kabupaten yang belum siap akan dilakukan pelatihan secara bertahap, sehingga sampai dengan kurun waktu 5 (lima) tahun seluruh provinsi/ kabupaten siap menggunakan aplikasi PKRMS dalam program tahunan jalan provinsi/ kabupaten.

Perhitungan analisa menggunakan kombinasi : quantitas norma untuk RM dan perhitungan kebutuhan jalan sederhana untuk MW. Menjadi sumber database utama untuk keperluan perencanaan yg menampung data kondisi, inventaris, data proyek, historical data, peta, dll. Diberikan untuk menjadi milik propinsi/kabupaten untuk digunakan sebagai alat perencanaan utama.

Sistem Dasar PKRMS
Salah satu instrumen berbasis komputer dikembangkan untuk mendukung pekerjaan PPP dalam pengelolaan aset jalan, Dibangun berbasiskan aplikasi MS-Access, Didukung dengan QGIS sebagai aplikasi penyajian data geospasial.

Pengembangan Sistem Manajemen Aset Jalan (P/KRMS)
Perencanaan:
• Jalan dibagi menjadi ruas-ruas per 100m/200m
• Selain Panjang Jalan, perlu: Lebar dan Jenis
• Kondisi terkini
• Tingkat layanan (Target penanganan)
• Analisa -> Laju Penurunan Kondisi -> Penanganan

Pemrograman:
• Tipe penanganan: Rehab, Rekon, PB, PR,RK,HOLDING
• Prioritas dengan pertimbangan ekonomi
• Mendorong alokasi untuk RM

Post a Comment for "Provincial Kabupaten Road Management System (PKRMS)"