Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkerasan Kaku Beton Pracetak Tanpa Lekatan

Perkerasan-Kaku-Pracetak-Tanpa-Lekatan
Perkerasan Kaku Pracetak Tanpa Lekatan

 PERKERASAN KAKU BETON PRACETAK TANPA LEKATAN
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 38 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber Direktorat Bina Teknik Jalan Dan Jembatan

 Sifat : GRATIS
 Download 

ISI EBOOK


Outline Paparan
• Pendahuluan
• Gambaran Umum Sistem Perkerasan Kaku Pracetak Tanpa Lekatan
• Metode Set­up Dan Pabrikasi
• Life Cycle Cost

Latar Belakang
Permasalahan
- Pertumbuhan jalan tidak mampu menampung pertumbuhan kendaraan
- Dampak kemacetan menjadi pemandangan yang biasa yang merugikan penggun
- Perkembangan teknologi konstruksi masih terbatas pada perkerasan lentur dan teknologi perkerasan kaku cast in situ (relatif sedikit pada jenis pracetak
- Kondisi struktur geografis dan jenis karakteristik tanah
- Kendali yang sulit antara kekuatan konstruksi dengan beban berlebih

Solusi
- Sistem beton pracetak adalah sistem yang memberikan kualitas yang baik, waktu yang cepat dan ekonomis
- Pengembangan inovasi sistem beton pracetak yang diajukan merupakan kompilasi dari berbagai referensi dan pengalaman yang ada.
- Sistem beton pracetak telah juga diterapkan untuk konstruksi jalan, dengan berbagai detail, metoda, dan performa aktual
- Perlu suatu metoda perbaikan yang cepat dengan mutu yang terjamin

Jenis Perkerasan Kaku Menerus Yang Dimodelkan
1. Perkerasan beton semen dengan sambungan tanpa tulangan
2. Perkerasan beton semen dengan sambungan dengan tulangan
3. perkerasan beton semen menerus (tanpa sambungan) dengan tulangan
4. Perkerasan beton semen pratekan

Desain Pemodelan
Fungsi Sambungan :
• Mengendalikan kekuatan dan retak akibat susut muai dan beban lalulintas
• Mempercepat dan mempermudah pelaksanaan
• Mengakomodasi deformasi akibat beban dinamis kendaraan
• Mendistribusikan gaya dalam yang terjadi diantara panel

Fungsi Tulangan :
• Membatasi lebar retak dan mempunyai kekuatan memikul beban kerja
• Menahan beban lentur saat handling dan beban kerja
• Mengatasi susut muai karena suhu
• Khusus, Tulangan prategang untuk memulihkan deformasi saat beban berlebih / terjadi kerusakan dibawah perkerasan

Perkerasan Pracetak Vs Konvensional
Pracetak
- Sistem sambungan khusus disebut dowel aktifator
- Pada sambungan antar panel > menahan gaya vertical dan lenturan
- Tebal18 cm dan 20 cm
- Mutu beton minimum f’c45 Mpa
- Tulangan wiremesh, tulangan utama dan baja prategang berfungsi menahan beban handling, ereksi, susut dan beban kendaraan lalu lintas
- Beban overload 2x MST (faktanya beban kendaraan belum bisa dikendalikan
- Kemampuan adaptasi pada subgrade ideal (CBR≥6%) maupun tidak ideal  (tanah sulit/lunak atau CBR≥2,5%)
- Panel dibuat secara pabrikasi sehingga mutu dapat dikendalikan
- Pada konstruksi jalan baru, panel langsung diletakkan pada lapisan subgrade dan celah diisi dengan filler dan selanjutnya dapat langsung difungsikan dengan konstruksi permanen
- Pada konstruksi peningkatan jalan, panel diletakkan langsung pada  perkerasan eksisting dan setelah injeksi celah antara panel dengan lapisan bawah (waktu curing berkisar 3 jam –24 jam), maka konstruksi jalan bisa langsung difungsikan
- Waktu pelaksanaan yang sangat cepat> tidak menimbulkan kemacetan
- Pada initian cost, biaya konstruksi pada panel ini lebih mahal 15%‐30 (adanya tulangan wiremesh, tulangan utama dan tulangan pratekan). Namun pada biaya keseluruhan sesuai umur rencana (life cycle cost)  menjadi lebih murah.
- Proses pemeliharaan selama berfungsi relative berkurang cukup signifikan (tidak ada pemeliharaan rutin, hanya pemeliharaan berkala.

Konvensional
- Sambungan dowel pada setiap segmennya
- Pada sambungan antarpanel >hanya mampu menahan gayavertical
- Tebal perkerasan 27‐40 cm
- Mutu beton fs 45 Mpa 
- Tanpa tulangan atau hanya menggunakan tulangan wiremesh yang  bersifat menahan susut
- Dirancang sesuai beban 1x MST
- Dirancang dengankondisi subgrade ideal (CBR≥6%)
- Sistem cast in situ, kualitas mutu bervariasi dan kurang terkendali
- Pada kontruksijalan baru, proses terdiri dari pekerjaan bekisting,  pengecoran lean concrete, pengecoran beton perkerasan kakujalan baru berfungsi setelah proses curing memadai (waktu> 2 minggu)
- Diatas konstruksi eksisting dibuat bekisting untuk pengecoran lean  concrete (minimum setting > 2 minggu) dan pengecoran beton. Jalan baru berfungsi setelah proses curing memadai (waktu> 2 minggu)
- Waktu pelaksanaan konstruksi Lama > berdampak pada kemacetan
- Lebih murah dikarenakan tanpa tulangan, namun umur rencana tidak tercapai atau lebih mahal
- Umumnya diperlukan pemeliharaan rutin setiap tahun dan pemeliharaan berkala selama 5 tahun (penggantian sealent, injeksi, retakdll.) sehingga biaya pemeliharaan cukup tinggi

Bahan untuk produksi di Pabrik
• Panel Beton Pracetak
• Kawat Spiral Berlilitan
• Baja Prategang

Bahan untuk pemasangan di lapangan
• Pelat Baja (Shoe Plate)
• Bahan Grouting
   semen grout
   mortar grout
• Bahan Epoksi Resin
• Bahan Perekat Beton (Bonding Agent)
• Ruji
• Dowel Aktivator
• Bahan Penutup Sambungan Muai
  Bahan penutup sambungan muai (joint sealant)
  Backer rod

Peralatan untuk pemasangan di lapangan
- Cetakan Panel Beton
- Peralatan Pencampuran Beton
- Alat Pemadat Beton
- Pengangkut Panel Beton Pracetak
- Perlengkapan Prategang
- Alat Pengangkat Panel Beton Pracetak (Crane)
- Penyimpanan Panel Beton Pracetak
- Peralatan pembuat Tekstur
- Alat Compressor
- Alat Pengukur Kerataan
- Peralatan mortar Grouting
- Peralatan semen grout

Life Cycle Cost
metode yang digunakan untuk mendapatkan menggambarkan nilai sekarang dan nilai yang akan  datang dari suatu pembangunan konstruksi jalan selama umur konstruksi jalan itu.

Faktor Yang Mempengaruhi
Kondisi Fungsional : 
ukuran kemampuan perkerasan untuk melayani pengguna jalan pada suatu waktu tertentu. (Keamanan, kenyamanan dan bIaya operasi kendaraan)
Indikator :
‐ Present Serviceability Index (PSI),
‐ dan International Roughness Index (IRI)

Kondisi struktural  : 
ukuran kemampuan perkerasan menanggung beban lalulintas dan melindungi pondasi dan tanah dasar. 
Indikator : 
lendutan dan alur atau retak

2 comments for "Perkerasan Kaku Beton Pracetak Tanpa Lekatan"

  1. tidak bisa di download link tidak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link sudah dipasang, silahkan didownload dan tanpa password

      Delete