Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Standar Perlengkapan Jalan Raya

Perlengkapan-Jalan-Raya
Perlengkapan Jalan Raya

Gambar Standar Perlengkapan Jalan Raya

 Kode : -
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 29 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan 
 Sifat : GRATIS
 Download 

CUPLIKAN ISI EBOOK


OUTLINE
1. Patok Pengarah
2. Patok Kilometer
3. Patok Hektometer
4. Pagar Pengaman

PERLENGKAPAN JALAN  
perlengkapan jalan yang berkaitan langsung PP 34/2006 – Penjelasan Pasal 22 ayat 2 dan ayat 3, bangunan atau alat yang dimaksudkan untuk keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas serta kemudahan bagi pengguna jalan dalam berlalu lintas.

1. Aturan Perintah, Larangan, Petunjuk, Dan Peringatan
- Rambu-rambu (termasuk nomor rute jalan)
- Marka jalan
- Alat pemberi isyarat lalu lintas
- Lampu jalan
- Alat pengendali dan alat pengamanan pengguna jalan

2. Fasilitas Pendukung Kegiatan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Yang Berada Di - Jalan Dan Di Luar Jalan
- Tempat parkir
- Halte bus
- Fasilitas pejalan kaki di jalan yang telah ditentukan

bangunan yang dimaksudkan untuk keselamatan penggunaan jalan, dan pengamanan aset jalan, dan informasi pengguna jalan.

PATOK PENGARAH
Patok pengarah berfungsi untuk memberi petunjuk arah yang aman dan batas jalur jalan yang bisa digunakan sebagai pelayanan bagi lalu lintas.

- Dipasang pada sisi luar badan jalan
- Digunakan untuk menandai batas jalan dan membantu pengguna jalan mengetahui alinyemen jalan di depan
- Bagian ujungnya harus dilengkapi dengan bahan bersifat reflektif
- Bentuk penampang: segiempat, segitiga, dan lingkaran
- Bahan atau material: poly ethylene (PE)

PATOK KILOMETER
Patok kilometer berguna untuk menginformasikan panjang jalan dan/atau jarak dari kota atau simpul tertentu

- Dipasang di sisi luar badan jalan di luar saluran tepi atau di ambang pengaman ruang manfaat jalan;
- Bila dipasang pada median jalan maka jarak dari marka tepi jalan paling dekat 0,6 (nol koma enam) meter;
- Sepanjang koridor jalan pada setiap jarak 1 (satu) kilometer
- Patok kilometer dilengkapi warna dasar dan tulisan yang bisa terbaca dengan jelas.
- Di antara patok kilometer harus dipasang patok hektometer yang berjarak setiap 100 meter.

PAGAR PENGAMAN
- Pagar pengaman jalan merupakan alat pengendali dan pengaman pengguna jalan
- Pagar pengaman diterapkan jika pada sisi luar jalur lalu lintas terdapat objek bahaya sisi jalan seperti jurang, tebing, lereng curam, ataupun objek tetap keras lainnya yang berdimensi/berdiameter > 10 cm
- Pagar pengaman juga merupakan objek bahaya sisi jalan, namun dapat mengurangi dampak cedera lebih parah terhadap pengemudi pada saat kendaraannya hilang kendali keluar badan jalan dan terjadi kecelakaan
- Pagar pengaman merupakan langkah terakhir apabila ruas jalan tidak dapat menyediakan ruang bebas jalan

Kriteria lokasi pemasangan Pagar Pengaman:
1. Jurang atau lereng atau tempat tertentu dengan kedalaman >3,5 meter dan kelandaian >33%;
2. Tikungan bagian luar jalan dengan radius tikungan >30 meter dimana di sisi jalan terdapat potensi bahaya;
3. Ruang milik jalan yang terdapat bangunan struktur di sisi bahu jalan seperti pilar jembatan, tiang lampu, atau bangunan lain yang berpotensi bahaya;
4. Dipasang pada tepi luar badan jalan dengan jarak paling dekat 60 cm dari marka tepi
5. Sejajar dengan sumbu jalan dan diberikan bahan reflektif

Pemilihan jenis Pagar Pengaman mempertimbangkan:
1. Kecepatan rencana;
2. Jarak ruang bebas untuk defleksi
3. Kekuatan bahan;
4. Karakteristik jalan
5. Kondisi geografi;
6. Fungsi jalan;
7. Geometri ruang miliki jalan; dan
8. Karakteristik lalu lintas.

PAGAR PENGAMAN KAKU
• Dapat dibuat dari campuran beton ataupun beton bertulang yang secara internasional dikenal dengan Concrete Barrier
• Concrete barrier umumnya diterapkan pada kondisi ruang terbatas atau sempit terhadap objek bahaya sisi jalan
• Profil pagar pengaman kaku yang umum dikenal adalah new jersey shape dan F-shape
• Kedua profil tersebut memiliki bentuk yang mirip, namun perbedaannya pada jarak titik sudut patahan profil F-shape ke permukaan lebih pendek dibandingkan dengan profil new jersey
• Kinerja pada profil F-shape menjadi lebih baik dibandingkan profil new jersey karena potensi kendaraan terangkat saat menabrak pagar pengaman menjadi berkurang

Post a Comment for "Gambar Standar Perlengkapan Jalan Raya"