Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SPESIFIKASI PILAR DAN KEPALA JEMBATAN BETON SEDERHANA DENGAN PONDASI TIANG PANCANG

Spesifikasi-Pilar-Dan-Kepala-Jembatan-Beton-Sederhana-Dengan-Pondasi-Tiang-Pancang

SPESIFIKASI PILAR DAN KEPALA JEMBATAN BETON  SEDERHANA DENGAN PONDASI TIANG PANCANG  

 Kode : SNI 2451-2008
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 46 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber :  Badan Standardisasi Nasional 
 Sifat : GRATIS
 Download 

CUPLIKAN ISI EBOOK

Ruang Lingkup
Standar ini meliputi bentuk, dimensi serta persyaratan mutu bahan konstruksi pilar dan kepala jembatan sederhana dengan bentang 10 m sampai dengan 25 m untuk jembatan kelas A, dengan lebar lajur 2 x 3.5 m dan lebar trotoar 1.0 meter kanan-kiri.

Acuan normatif 
RSNI T-14-2004, Perencanaan struktur beton untuk jembatan  
SNI 03-1725-1989, Tata cara perencanaan pembebanan jembatan jalan raya 
SNI 03-2833-1992, Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk jembatan jalan raya 
SNI 07-2052-2002, Baja tulangan 
Pd.T.04.2004.B, Pedoman perencanaan beban gempa untuk jembatan 

Istilah dan definisi 
bangunan atas jembatan adalah bagian dari konstruksi jembatan yang berfungsi sebagai pemikul langsung beban lalu lintas yang melewatinya 
  
bangunan bawah jembatan adalah bagian dari konstruksi jembatan yang berfungsi sebagai pemikul dari beban bangunan atas yang selanjutnya diteruskan kepada fondasi 

pondasi tiang pancang adalah tiang-tiang fondasi yang dimasukkan kedalam tanah dengan cara ditumbuk atau ditekan dan berfungsi sebagai pemikul seluruh beban jembatan serta melimpahkannya ke lapisan tanah pendukung tidak termasuk cerucuk dan sejenisnya 

kepala jembatan sederhana adalah suatu konstruksi beton bertulang menumpu di atas fondasi tiang pancang dan terletak menjorok ke arah darat yang berfungsi sebagai pemikul ujung bentangan tepi bangunan atas jembatan 

pilar jembatan sederhana adalah suatu konstruksi beton bertulang menumpu di atas fondasi tiang-tiang pancang dan terletak di tengah sungai atau yang lain yang berfungsi sebagai pemikul antara bentang tepi dan bentang tengah bangunan atas jembatan 

Persyaratan-persyaratan 
Persyaratan teknis
a) Ketentuan mengenai bentuk, dimensi dan penulangan kepala jembatan adalah seperti pada gambar yang tertera pada lampiran.
b) Selimut beton untuk daerah pantai harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku kecuali ditentukan oleh yang berwenang.
c) Daya dukung ijin tiang diasumsikan 400 kN dengan diameter diameter 350 mm, tetapi dapat berubah tergantung pada kondisi tanah.
d) Kedalaman lapisan tanah keras diasumsikan tidak lebih dari 25 m dan kedalaman lapisan tanah ditentukan oleh penyelidikan tanah yang sesuai dengan persyaratan.

Persyaratan beton 
a) Bangunan kepala dan pilar jembatan sederhana disyaratkan dari beton dengan nilai kuat tekan minimum fc’ = 25 MPa, berdasarkan uji tekan silinder pada umur 28 hari.

b) Komposisi campuran komponen bahan beton ditentukan berdasarkan percobaan campuran (mix design) dengan menggunakan komponen bahan yang akan digunakan.

c) Pekerjaan beton dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang berlaku yaitu Buku Spesifikasi 3 Divisi 7 yang diterbitkan oleh Departemen Pekerjaan Umum.

Persyaratan baja tulangan
a) Baja tulangan yang digunakan adalah baja tulangan dengan mutu BJTD 39 (kuat tarik leleh minimal 390 N/mm2)  untuk tulangan dengan diameter sama dengan atau diatas 13 mm dan mutu BJTP 24 (kuat tarik leleh minimal 240 N/mm2) untuk tulangan dengan diameter lebih kecil dari 13 mm.

b) Diameter, panjang dan jumlah tulangan kepala pilar dan kepala jembatan dapat dilihat pada lampiran.

c) Pekerjaan baja tulangan, hendaknya dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Reaksi perletakan dan jumlah tiang pancang 
Reaksi perletakan pada pilar (satu bentang jembatan) diambil dari gelagar balok T (Bibliografi No. 4 halaman 5) dan untuk masing-masing bentang dapat dilihat pada Tabel 1 dan Tabel 2 berikut. Untuk memperjelas nomenklatur gelagar dapat dilihat pada Gambar berikut. 

Spesifikasi-Pilar-Dan-Kepala-Jembatan-Beton-Sederhana-Dengan-Pondasi-Tiang-Pancang-01
Spesifikasi Pilar Dan Kepala Jembatan Beton  Sederhana Dengan Pondasi Tiang Pancang

Post a Comment for "SPESIFIKASI PILAR DAN KEPALA JEMBATAN BETON SEDERHANA DENGAN PONDASI TIANG PANCANG "