Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERSYARATAN BETON STRUKTURAL UNTUK RUMAH TINGGAL

SNI-8140:2016-Persyaratan-Beton-Struktural-Untuk-Rumah-Tinggal

PERSYARATAN BETON STRUKTURAL UNTUK RUMAH TINGGAL 

 Kode : SNI 8140:2016 
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 58 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : Badan Standarisasi Nasional  
 Sifat : GRATIS
 Download 

CUPLIKAN ISI EBOOK

Ruang Lingkup
Standar ini, bila secara legal diadopsi sebagai bagian dari standar bangunan gedung umum, menyediakan persyaratan minimum untuk desain dan konstruksi elemen struktur beton perumahan. Standar ini mendefinisikan standar penerimaan minimum desain dan praktek konstruksi. 

CATATAN Pemakai Standar ini harus mencari informasi standar bangunan gedung umum yang sesuai untuk semua beban terapan untuk menentukan nilai yang sesuai untuk persyaratan desain. Dengan ketidakadaan standar yang mengendalikan, pemakai harus mempertimbangkan penggunaan SNI 1726:2012 dan SNI 1727:2013 untuk menentukan beban - beban gempa dan beban - beban lainnya yang sesuai. 

Standar ini melengkapi standar bangunan gedung umum dan mengatur masalah -masalah terkait dengan desain dan konstruksi beton cetak di tempat untuk hunian terpisah untuk satu dan dua keluarga, dan hunian berbagi dinding untuk dua keluarga dan hunian majemuk berbagi dinding masing - masing untuk satu keluarga (rumah perkotaan),dan struktur aksesorinya, kecuali dalam kasus Standar ini bertentangan dengan persyaratan standar bangunan gedung umum yang diadopsi secara legal. 

Standar ini dibatasi untuk desain dan konstruksi fondasi tapak beton, termasuk fondasi tapak slab yang dipertebal, fondasi tapak dinding, dan fondasi tapak setempat; besmen beton atau dinding fondasi yang dibangun dengan cetakanyang dapat dibongkar atau dengan cetakan beton penyekat datar; dan slab beton di atas tanah. 

CATATAN Persyaratan desain dan konstruksi untuk fondasi tapak, dinding fondasi, dan slab di atas tanah tercakup dalam Standar ini, bersama-sama dengan persyaratan untuk beton, tulangan, cetakan, dan material terkait lainnya. 

Bila lingkup Standar ini sama dengan lingkup SNI 2847:2013, maka desain menurut SNI 2847:2013 diizinkan untuk semua bangunan gedung dan struktur, dan semua bagian daripadanya, dalam lingkup Standar ini. 

Standar ini tidak mengatur desain dan konstruksi dari dinding cetakan beton penyekat dengan konfigurasi wafel atau layar (screen); elemen dinding pracetak; dinding beton mutu lebih tinggi; sistem fondasi dalam, seperti fondasi tiang, pier bor,atau caisson; dan slab beton menggantung(elevated concrete slab). 

CATATAN Ketentuan untuk penerapan elemen dinding pracetak ditemukan dalam International Residential Code (IRC) dan publikasi lainnya. Ketentuan untuk dinding beton mutu lebih tinggi saat ini tersedia dalam IRC 2009 berdasarkan Standar PCA 100 atau secara langsung ditemukan dalam Standar PCA 100. 

Standar ini tidak mengatur desain dan aplikasi sistem untuk drainase permukaan, pengedap airan, pengedap lembaban,dan ventilasi gasradon (elemen gas radioaktif dari disintegrasi radium). 

CATATAN Panduan mengenai tipe dan aplikasi sistem drainase, pengedap airan, pengedap lembaban, dan ventilasi gas radon biasanya ditemukan dalam standar bangunan gedung umum. 

Bila bangunan gedung atau struktur mengandung elemen yang melebihi batasan Standar ini atau sebaliknya tidak memenuhi Standar ini, elemen ini harus didesain sesuai dengan SNI 2847:2013. 

Bila diizinkan oleh statuta yurisdiksi dimana proyek tersebut dibangun, dokumen konstruksi untuk rumah tinggal yang didesain dengan ketentuan Standar ini tidak perlu disiapkan oleh Tenaga Ahli Bersertifikat. Bila disyaratkan oleh statuta yurisdiksi dimana proyek tersebut dibangun, Tenaga Ahli Bersertifikat harus menyiapkan dokumen konstruksi untuk rumah tinggal. 

Standar ini ditujukan hanya untuk menetapkan persyaratan minimum yang diperlukan untuk menyediakan kesehatan dan keamanan publik untuk desain rumah tinggal yang masuk dalam lingkup International Residential Code (IRC). Pemilik atau Tenaga Ahli Bersertifikat dapat mensyaratkan kualitas material dan konstruksi agar lebih tinggi dari persyaratan minimum yang ditetapkan dalam Standar ini. 

Standar ini tidak ditujukan untuk mendefinisikan tanggungjawab kontrak antara semua pihak yang terlibat dalam suatu proyek,atau pun untuk menyelesaikan perselisihan terkait tanggungjawab kontrak. 

Teks penjelasan Standar,tabel, gambar, atau ilustrasi tidak boleh digunakan untuk menginterpretasikan Standar ini bila bertentangan dengan makna dasar teks Standar ini, atau menimbulkan makna ganda dalam Standar ini. 

Sistem alternatif
Sistem desain atau pelaksanaan konstruksi atau material alternatif yang diaplikasikan dalam lingkup Standar ini, yang kecukupannya telah ditunjukkan dengan keberhasilan penggunaan atau dengan analisis atau pengujian, tetapi yang tidak sesuai atau tidak dicakup oleh Standar ini, dapat digunakan datanya dengan persetujuan dari instansi pemerintah yang berwenang atau badan pemeriksa yang ditunjuk oleh instansi pemerintah yang berwenang. 

Badan ini mempunyai wewenang untuk memeriksa data yang diserahkan, mensyaratkan pengujian, dan merumuskan aturan desain dan konstruksi sistem tersebut untuk memenuhi tujuan Standar ini. Aturan ini, jika disetujui oleh instansi dan diumumkan, mempunyai kekuatan dan pengaruh yang sama seperti ketentuan Standar ini. 

CATATAN   Metode desain baru, material baru, dan penggunaan material baru harus melalui perioda pengembangan sebelum secara spesifik dicakup dalam sebuah standar. Jadinya, sistem atau komponen yang baik mungkin tidak dicakup jika tidak tersedia cara untuk memperoleh penerimaan. Untuk sistem yang ditinjau menurut subpasal ini, pengujian spesifik, faktor beban, batas defleksi, dan persyaratan terkait lainnya harus ditetapkan oleh badan pemeriksa, dan harus konsisten dengan tujuan dokumen ini. 

Pondasi tapak dan dinding Pondasi 
Desain dan konstruksi fondasi tapak dan dinding fondasi beton masing-masing harus sesuai dengan ketentuan Pasal 7 dan 8.

Desain seismik adalah Tingkat resiko seismik suatu daerah, atau kinerja seismik atau kategori desain suatu struktur, harus diatur oleh standar bangunan gedung umum yang diadopsi secara legal, dimana Standar ini merupakan bagiannya, atau ditentukan oleh otoritas lokal. 

slump (slump) adalah ukuran konsistensi beton campuran segar, mortar, atau spesi (stucco) sama dengan penurunan yang diukur ke 6 mm terdekat dari spesimen yang dicetak seketika setelah pembongkaran kerucut slump. 


Acuan Normatif 
Untuk acuan bertahun, hanya berlaku edisi yang disebutkan. Untuk acuan tak bertahuin, berlaku edisi mutakhir dokumen acuan (termasuk setiap amendemen): 
SNI 1726:2012  Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung 
dan non gedung 
SNI 1727:2013  Beban minimum untuk perancangan bangunan gedung dan struktur lain SNI 2049  Semen portland 
SNI 2847:2013 Persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung 

Post a Comment for "PERSYARATAN BETON STRUKTURAL UNTUK RUMAH TINGGAL"