Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEMEN PORTLAND/ PORTLAND CEMENT

Semen-Portland-Portland-Cement

Semen Portland/ Portland Cement

SEMEN PORTLAND/ PORTLAND CEMENT

 Kode : SNI 2049-2004
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 132 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : Badan Standardisasi Nasional  
 Sifat : GRATIS
 Download 

CUPLIKAN ISI EBOOK

Ruang Lingkup
Standar ini meliputi ruang lingkup, acuan normatif, istilah dan definisi, jenis dan penggunaan, syarat mutu, cara pengambilan contoh, cara uji, syarat uji, pengemasan, syarat penandaan, penyimpanan dan transportasi dari semen portland.

Istilah dan definisi
Semen portland adalah semen hidrolis yang dihasilkan dengan cara menggiling terak semen portland terutama yang terdiri atas kalsium silikat yang bersifat hidrolis dan digiling bersama-sama dengan bahan tambahan berupa satu atau lebih bentuk kristal senyawa kalsium sulfat dan boleh ditambah dnegan bahan tambahan lainnya.

Kandungan udara semen hidrolis adalah semen hidrolis yang mengandung suatu tambahan udara dalam jumlah tertentu yang menyebabkan udara terkandung didalam mortar dalam batasan yang dispesifikasikan pada saat diukur dengan suatu metode

Pasta semen adalah campuran semen dan air baik yang dikeraskan atau tidak dikeraskan

False seat adalah kehilangan secara cepat sifat plastis dari pasta semen, mortar atau beton

Ruang lembab adalah suatu ruangan tertutup untuk penyimpanan dan pengerasan contoh pasta, mortar dan beton yang memiliki suhu dan kelembaban nisbi tinggi yang dapat diatur

Mortar adalah suatu campuran yang terdiri dari semen, agregat halus dan air baik dalam keadaan dikeraskan ataupun tidak dikeraskan

Jenis dna Penggunaan
Jenis I yaitu semen portland untuk penggunaan umum yang tidak memerlukan persyaratan-persyaratan khusus seperti yang disyaratkan pada jenis-jenis lain.

Jenis II yaitu semen portland yang dalam penggunaanya memerlukan katahanan terhadap sulfat atau kalor hidrasi sedang.

Jenis III yaitu semen portland yang dalam penggunaanya memerlukan kekuatan tinggi pada tahap permulaan setelah pengikatan terjadi.

Jenis IV yaitu semen portland yang dalam penggunaanya memerlukan kalor hidrasi rendah.

Jenis V yaitu semen portland yang dalam penggunaanya memerlukan katahanan tinggi terhadap sulfat.

Cara Pengambilan Contoh
Lot jumlah spesifik dari semen yang diajukanuntuk pemeriksaan pada setiap waktu tertentu. satu lot memiliki dari satu atau lebih bin yang telah diisi semen secara berurutan. satu lot bisa juga memakili dari isi satu atau lebih unit alat transportasi yang dikeluarkan dari bin yang sama.

Merupakan program pengujian yang disiapkan untuk pengujian dari hanya dua contoh semen yang diperoleh dari setiap lot yang ada dan disiapkan untuk pengujian pada taha[ yang biasa sebagaimana diuraikan dibawah ini.

Program menggunakan faktir kemungkinan dan dirancang sedemikian rupa sehingga apabila hasil uji dari kedua contoh tersebut memenuhi persyaratan dari program, bisa diartikan dengan 95% tingkat kepercayaan dan kurang dari 5% dari contoh akan berada diluar batas spesifikasinya.

Tujuan dan Penggunaanya
Prosedur pengambilan contoh yang telah diuraikan dimaksudka untuk penggunaan dalam ketentuan pengambilan contoh semen hidrolid, setelah diproduksi dan siap dipasarkan.

Prosedur ini tidak dimaksudkan sebagai prosedur pengambilan contoh pada pengawasan mutu selama proses produksi.

Prosedur pengujian yang telah diuraikan meliputi jumlah contoh untuk pengujian yang harus dilakukan dan memberikan petunjuk dalam hal pembuatan laporan.

Kebanyakan persyaratan dan spesifikasi yang diperlukan oleh konstruksi bangunan adalah bahwa semen hidrolis yang akan digunakan dalam pekerjaan harus memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum dalam spesifikasi pembelian.

Post a Comment for "SEMEN PORTLAND/ PORTLAND CEMENT"