Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERLENGKAPAN KENDALI LAMPU (BAGIAN 1)

PERLENGKAPAN-KENDALI-LAMPU-(BAGIAN 1)

 PERLENGKAPAN KENDALI LAMPU (BAGIAN 1) 

 Kode : SNI 04-6959.1-2003
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 57 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : Badan Standardisasi Nasional
 Sifat : GRATIS
 Download 

CUPLIKAN ISI EBOOK

Ruang Lingkup
Standar ini menetapkan persyaratan umum dan keselamatan untuk perlengkapan-kendali lampu untuk penggunaan pada suplai a.s. sampai dengan 250 V dan/atau suplai a.b. sampai dengan 1000 V pada 50 Hz.

Standar ini juga mencakup perlengkapan-kendali lampu untuk lampu-lampu yang belum distandarkan.   

Pengujian yang berlaku dalam standar ini adalah uji jenis.  Persyaratan untuk pengujian perlengkapan-kendali lampu individu tidak termasuk. 
Persyaratan untuk semi-luminer diberikan pada IEC 60598.   

Tambahan persyaratan yang diberikan dalam standar ini, Lampiran B mengemukakan persyaratan umum dan keselamatan yang dapat diterapkan terhadap lengkapan-kendali lampu yang diproteksi secara termal. 

Lampiran C mengemukakan persyaratan umum dan keselamatan tambahan seperti berlaku untuk lengkapan-kendali lampu elektronik dengan sarana proteksi terhadap pemanasan lebih. 

Acuan normatif
Dokumen normatif berikut memuat persyaratan yang melalui acuan dalam naskah ini, merupakan persyaratan standar ini bagian 1. Untuk acuan yang tidak berlaku, amendemen berikutnya ke, atau revisi dari, publikasi ini tidak dipergunakan. 

Tetapi, persesuaian berdasarkan pada standar ini bagian 1 dianjurkan untuk meneliti kemungkinan menerapkan edisi paling akhir dari dokumen normatif ditunjukkan dibawah. Untuk pemutakhiran acuan, edisi paling akhir dari dokumen normatif yang diacu untuk digunakan. 

Istilah dan definisi  
perlengkapa kendali lampu adalah satu atau lebih komponen antara suplai dan satu atau lebih lampu yang bertindak merubah tegangan suplai, membatasi arus lampu sampai nilai yang ditetapkan, menyediakan tegangan permulaan dan arus pemanasan awal, mencegah penyalaan dingin, mengoreksi faktor daya atau menurunkan interferensi radio

perlengkapan kendali lampu terpadu adalah perlengkapan-kendali lampu yang membentuk bagian luminer yang tak dapat diganti dan tidak dapat diuji secara terpisah dari luminer

ballas acuan adalah ballas induktif khusus yang dirancang untuk keperluan sebagai standar pembanding untuk penggunaan pengujian ballas dan untuk pemilihan lampu acuan.  Pada dasarnya ballas dicirikan oleh kestabilan perbandingan tegangan terhadap arus, secara relatif tidak dipengaruhi oleh variasi arus, suhu dan lingkungan magnetik, seperti yang diuraikan pada IEC 60921 Lampiran C dan IEC 60923 Lampiran A

lampu acuan adalah lampu yang dipilih untuk pengujian ballas, ketika dihubungkan dengan ballas acuan, memiliki sifat listrik yang dekat ke nilai nominal seperti yang dinyatakan dalam standar lampu yang relevan 

tegangan suplai adalah tegangan yang diterapkan ke sirkit lengkap dari lampu dan perlengkapan-kendali lampu 

arus suplai adalah arus yang disuplai ke sirkit lengkap dari lampu dan perlengkapan-kendali lampu 

Persyaratan umum
Perlengkapan-kendali lampu harus didesain dan dikonstruksi sedemikian sehingga dalam penggunaan normal, beroperasi tanpa membahayakan pengguna atau sekelilingnya. Kesesuaian dicek dengan melakukan semua pengujian yang ditentukan. 

Sebagai tambahan, perlengkapan-kendali lampu tersendiri harus memenuhi persyaratan IEC 60598-1, termasuk klasifikasi dan persyaratan penandaan standar seperti klasifikasi IP, penandaan dan lain-lain. 

Ketentuan umum pada pengujian
Pengujian sesuai standar ini adalah uji jenis 
Persyaratan dan toleransi yang diperbolehkan oleh standar ini berhubungan dengan pengujian dari suatu contoh uji-jenis yang diserahkan oleh pabrikan untuk maksud tersebut. Kesesuaian contoh uji-jenis tidak menjamin kesesuaian seluruh produksi suatu pabrik dengan standar keselamatan.
   
Kesesuaian produksi adalah tanggung jawab pabrikan dan dapat termasuk uji rutin dan jaminan mutu disamping uji jenis.

Jika tidak ditetapkan lain, pengujian dilakukan pada suhu sekitar 10 oC sampai 30C. Jika tidak ditetapkan lain, uji jenis dilakukan pada satu contoh uji yang terdiri dari satu barang atau lebih yang diserahkan untuk maksud uji jenis.

Pada umumnya, semua pengujian dilakukan pada setiap jenis perlengkapan-kendali lampu atau jika menyangkut suatu julat perlengkapan-kendali lampu sejenisnya, untuk setiap jumlah watt dalam julat atau pemilihan yang mewakili dari julat, seperti yang disetujui dengan pabrikan. 

Negara-negara tertentu mewajibkan tiga sampel dari perlengkapan-kendali lampu untuk diuji dan dalam hal tersebut, jika lebih dari satu sampel gagal, maka pengujian ditolak.  Jika satu sampel gagal, pengujian diulang menggunakan tiga sampel yang lain dan semua sampel harus memenuhi persyaratan uji.

Pengujian harus dilakukan dalam urutan yang tercantum dalam standar ini, kalau tidak ditentukan lain pada bagian 2 IEC 61347. 

Untuk uji termal, perlengkapan-kendali lampu tersendiri harus dipasang pada sudut uji yang meliputi tiga papan fiber kayu/dari kayu yang dicat hitam pudar dengan ketebalan 15 mm sampai 20 mm dan diatur agar menyerupai dua dinding dan plafon suatu kamar. 

Perlengkapan-kendali lampu dipasang dengan kokoh pada plafom sedekat mungkin ke dinding, dengan memperluas plafom sekurang-kurangnya 250 mm melebihi sisi lain perlengkapan-kendali lampu.

Untuk ballas yang disuplai a.s. yang dimaksudkan untuk penggunaan dari suplai baterai diperbolehkan untuk mengganti sumber daya a.s. selain baterai, asalkan impedans sumber sama dengan baterai.

Klasifikasi 
Perlengkapan-kendali lampu diklasifikasikan menurut cara pemasangan, seperti: 
- terpasang di dalam;
- terpisah;
- terpadu.

Penandaan 
Bagian-bagian yang membuat IEC 61347 menyatakan butir-butir berikut harus ditandakan sebagai penandaan wajib atau disertakan sebagai informasi untuk diberikan pada perlengkapan-kendali lampu atau tersedia pada katalog pabrikan atau yang serupa. 
a) Tanda asal (merk dagang, nama pabrikan atau nama penjual yang bertanggung jawab/pensuplai).

b) Nomor model atau acuan jenis dari pabrikan.

c) Simbol untuk perlengkapan-kendali lampu terpisah Jika dapat diterapkan.
 
d) Korelasi antara bagian yang dapat diganti dan bagian yang dapat saling dipertukarkan, termasuk sekering, perlengkapan-kendali lampu harus ditandai secara jelas dengan tulisan pada perlengkapan-kendali lampu atau dengan pengecualian sekering, ditentukan dalam katalog pabrikan.

e) Tegangan suplai pengenal (atau tegangan-tegangan, jika ada beberapa), julat tegangan, frekuensi suplai dan arus suplai, arus suplai dapat diberikan dalam literatur pabrikan.

f) Terminal pembumian (jika ada) harus diperkenalkan dengan simbol
Simbol ini tidak boleh ditempatkan pada sekrup atau bagian lain yang dapat    dilepas dengan mudah.  
g) Nilai yang dinyatakan dari suhu operasi maksimum pengenal dari belitan setelah simbol tw, kenaikan nilai dalam kelipatan 5C.

h) Tanda bahwa perlengkapan-kendali lampu tidak mengandalkan selungkup luminer untuk proteksi terhadap kontak tak sengaja dengan bagian aktif.

i) Penandaan luas penampang konduktor untuk kesesuaian dengan terminal (jika ada). Simbol : nilai yang relevan dalam kuadrat milimeter (mm2)

j) Jenis lampu dan jumlah watt pengenal atau julat jumlah watt untuk kesesuaian perlengkapan-kendali lampu, atau penandaan seperti yang ditunjukan pada lembaran data lampu dari jenis lampu untuk mendesain perlengkapan-kendali lampu.  Jika perlengkapan-kendali lampu dimaksudkan untuk digunakan dengan lebih dari satu lampu, jumlah dan jumlah watt pengenal setiap lampu harus ditunjukkan.

CATATAN 1 Untuk perlengkapan-kendali lampu yang ditentukan dalam IEC 61347-2-2, diasumsikan bahwa julat jumlah watt yang ditandakan meliputi semua pengenal dalam julat kalau tidak dinyatakan dalam literatur pabrikan.

k) Diagram pengawatan yang menunjukkan posisi dan tujuan terminal.  Dalam hal perlengkapan-kendali lampu tidak memiliki terminal, tanda yang jelas harus diberikan pada diagram pengawatan dari arti kode yang digunakan untuk hubungan kawat. Perlengkapan-kendali lampu yang beroperasi hanya dalam sirkit khusus harus dinyatakan secara sesuai, sebagai contoh dengan penandaan atau diagram pengawatan.

Post a Comment for "PERLENGKAPAN KENDALI LAMPU (BAGIAN 1)"