Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHITUNGAN STABILITAS KELONGSORAN FORMAT EXCEL

Perhitungan-Stabilitas-Kelongsoran-Format-Excel
Perhitungan Stabilitas Kelongsoran Format Excel


TEORI KELONGSORAN
Kelongsoran atau gerakan tanah adalah proses perpindahan massa tanah atau batuan dengan arah tegak, mendatar atau miring terhadap kedudukan semula karena pengaruh air, gravitasi, dan beban luar. Untuk mempermudah pengenalan tipe gerak tanah dan membantu dalam menentukan penyebab serta cara penanggulangannya maka perlu adanya pengklasifikasian tanah berdasar material yang bergerak, jenis gerakan dan mekanismenya. 
Jenis-jenis gerakan tanah yaitu aliran cepat, amblesan, runtuhan, longsoran.

JENIS-JENIS KELONGSORAN
1. Rotational slide, jika bidang longsoran mempunyai bentuk seperti busur derajat, log spiral, dan bentuk lengkung yang tidak teratur. Kelongsoran ini berhubungan dengan kondisi tanah yang homogen.
2. Translation slide, jika bidang longsor cenderung datar atau sedikit bergelombang. Terjadi bila bentuk permukaan runtuh dipengaruhi adanya kekuatan geser yang berbeda pada lapisan tanah yang berbatasan.
3. Surface slide, terjadi bila bidang gelincirnya terletak dekat dengan permukaan tanah.
4. Deep slide, terjadi jika bidang gelincirnya terletak jauh dibawah permukaan tanah.

Lereng merupakan suatu permukaan tanah yang membentuk suatu sudut tertentu terhadap bidang horizontal sehingga menimbulkan sebuah kemiringan. Lereng dibedakan menjadi dua, yaitu lereng alami dan lereng buatan. Lereng yang terbentuk sendirinya akibat kejadian alam atau lingkungan disebut lereng alami, sedangkan lereng yang dibuat oleh manusia yang dapat berupa pemotongan tebing atau pembuatan lereng disebut lereng buatan. 

Pergerakan tanah dan longsoran pada lereng dapat disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, hal tersebut sulit untuk dihindari. Pergerakan tanah yang diakibatkan oleh alam dapat berupa unsur geologi, iklim dan topografi, sedangkan yang disebabkan oleh manusia yaitu berupa penggalian lereng.

Semakin tinggi nilai tegangan geser, maka potensi untuk terjadi longsor/ pergerakan tanah akan semakin besar. Peningkatan tegangan geser pada tanah dapat diakibatkan dari hilangnya dukungan arah lateral dan vertikal, seperti erosi sungai, proses pelapukan, penggalian permukaan oleh manusia, dan penambangan. 

Adapun penyebab meningkatnya tegangan geser dari beban permukaan dan beban lain, seperti pelaksanaan timbunan, terdapat beban bangunan dan konstruksi sipil yang lain, vegetasi, akumulasi talus, air hujan yang merembes ke dalam tanah atau rekahan, dan tekanan rembesan.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan penurunan kuat geser dalam tanah, yaitu meningktanya kadar air, fissured clay mengalami pelembekan, dan disintegrasi fisis dari batuan.

Keruntuhan geser tidak akan terjadi jika tegangan normal dan geser bekerja pada suatu bidang massa tanah, sedangkan keruntuhan geser akan terjadi jika tegangan normal dan geser tepat pada garis keruntuhan.

Metode Elemen Hingga (Finite-Element Method) merupakan salah satu metode numerik yang sering digunakan saat ini. Metode ini membuat persamaan matematis dengan berbagai pendekatan dan rangkaian persamaan aljabar yang melibatkan nilai-nilai pada titik-titik diskrit pada bagian yang dievaluasi. Pada metode elemen hingga, daerah yang dianalisis dibagi kedalam beberapa elemen. 

Download Perhitungan Stabilitas Kelongsoran  Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

harga Download

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Stabilitas Kelongsoran Format Excel

Perhitungan-Stabilitas-Kelongsoran-Format-Excel-1
Perhitungan Stabilitas Kelongsoran Format Excel 1

Post a Comment for "PERHITUNGAN STABILITAS KELONGSORAN FORMAT EXCEL"