Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHITUNGAN SETTLEMENT TANAH FORMAT EXCEL

Perhitungan-Settlement-Tanah-Format-Excel

Apakah yang dimaksud dengan Penurunan Konsolidasi (Consolidation Settlement Tanah) ??

Penurunan Konsolidasi (Consolidation Settlement) adalah perpindahan vertical permukaan tanah sehubungan dengan perubahan volume pada suatu tingkat dalam proses konsolidasi. Penurunan massa tanah dikontrol oleh perubahan tegangan massa tanah, beban struktur diatas tanah dan penurunan muka air tanah.

Tanah akan mengalami penurunan atau penyusutan volume jika diberi pembebanan. Penyusutan yang terjadi akan lebih besar pada tanah yang memiliki kandungan air lebih tinggi karena air sebagai pembasah atau pelumas pada partikel tanah akan menghasilkan efek pemadatan yang lebih besar. Penggunaan daya dukung dari perkuatan tanah harus lebih besar dari beban timbunan. 

Perkuatan tanah dengan menggunakan cerucuk (dolken) dapat divariasikan dengan diameter dan panjang yang berbeda dengan cerucuk existing, dengan menambah jumlah cerucuk, karena dapat menaikan daya dukung. 

Tanah merupakan salah komponen  penting untuk menopang struktur konstruksi, mengingat  hampir semua bangunan dibuat diatas atau di bawah permukaan tanah. Istilah tanah dalam ilmu Mekanika Tanah mencakup semua bahan, dari tanah lempung (clay) sampai berangkal (batu-batu yang besar), jadi menurut ilmu mekanika tanah, tanah bisa dianggap sebagai semua endapan alam yang bersangkutan dengan teknik sipil, kecuali batuan tetap.

Konsolidasi merupakan suatu proses perubahan volume secara perlahan-lahan pada tanah jenuh sempurna dengan permeabilitas rendah akibat pengaliran sebagian air pori, proses  tersebut berlangsung terus sampai kelebihan tekanan air pori yang di sebabkan oleh kenaikan tegangan total telah benar-benar hilang.

Penurunan konsolidasi (consolidation settlement) adalah perpindahan vertikal permukaan tanah sehubungan dengan perubahan volume pada suatu tingkat dalam proses konsolidasi. Penurunan massa tanah dikontrol oleh perubahan tegangan massa tanah, beban struktur diatas tanah dan penurunan muka air tanah. 

Konsep Dasar Penurunan Konsolidasi (Consolidation Settlement Tanah) ??

Dalam pengertian teknik secara umum, tanah didefinisikan sebagai material yang terdiri dari agregat (butiran) mineral-mineral padat yang tidak tersementasi (terikat  secara kimia) satu sama lain dan dari bahan-bahan organik yang telah melapuk (yang berpartikel padat) disertai dengan zat cair dan gas yang mengisi ruang-ruang kosong di antara partikel-partikel padat tersebut. (Braja M. Das, 1993 ; 1). 

Material-material yang disebut tanah terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu : 
a. Butiran tanah (soil), ukuran makroskopis atau mikroskopis.
b. Ruang pori (void), merupakan ruang terbuka antara butiran tanah.
c. Air atau air tanah (water), yang mengisi pori-pori (air pori) dalam keadaan jenuh atau sebagian jenuh.

Tanah umumnya dapat disebut sebagai kerikil (gravel), pasir (sand), lanau (silt), atau lempung (clay), tergantung pada ukuran partikel paling dominan pada tanah tersebut.

Pada umumnya tanah, dalam bidang geoteknik, dibagi menjadi 2 jenis, yaitu tanah berbutir dan tanah kohesif. Pada tanah berbutir (pasir/sand), air pori dapat mengalir keluar struktur tanah dengan mudah, karena tanah berbutir memiliki permeabilitas yang tinggi. Sedangkan pada tanah kohesif (clay), air pori memerlukan waktu yang lama untuk mengalir keluar seluruhnya. Hal ini disebabkan karena tanah kohesif memiliki permeabilitas yang rendah.

Secara umum, penurunan dapat diklasifikasikan menjadi 3 tahap, yaitu :
1.Immediate Settlement (penurunan seketika), diakibatkan dari deformasi elastis tanah kering, basah, dan jenuh air, tanpa adanya perubahan kadar air. Umumnya, penurunan ini diturunkan dari teori elastisitas. Immediate settlement ini biasanya terjadi selama proses konstruksi berlangsung. Parameter tanah yang dibutuhkan untuk perhitungan adalah undrained modulus dengan uji coba tanah yang diperlukan seperti SPT, Sondir (dutch cone penetration test), dan Pressuremeter test.

2.Primary Consolidation Settlement (penurunan konsolidasi primer), yaitu penurunan yang disebabkan perubahan volume tanah selama periode keluarnya air pori dari tanah. Pada penurunan ini, tegangan air pori secara kontinyu berpindah ke dalam tegangan efektif sebagai akibat dari keluarnya air pori. Penurunan konsolidasi ini umumnya terjadi pada lapisan tanah kohesif (clay / lempung)

3.Secondary Consolidation Settlement (penurunan konsolidasi sekunder), adalah penurunan setelah tekanan air pori hilang seluruhnya. Hal ini lebih disebabkan oleh proses pemampatan akibat penyesuaian yang bersifat plastis dari butir-butir tanah.

Penyebab Penurunan Tanah (Settlement)

- Tanah tidak mampu mendukung beban yang disebabkan pondasi bangunan
- Pemadatan tanah yang kurang (poor compaction)
- Perubahan kadar air
- Vegetasi
- Konsolidasi tanah

Download Perhitungan Settlement Tanah Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Settlement Tanah Format Excel

Perhitungan-Settlement-Tanah-Format-Excel-1
Perhitungan Settlement Tanah Format Excel 1


Perhitungan-Settlement-Tanah-Format-Excel-2
Perhitungan Settlement Tanah Format Excel 2

Perhitungan-Settlement-Tanah-Format-Excel-3
Perhitungan Settlement Tanah Format Excel 3

Perhitungan-Settlement-Tanah-Format-Excel-4
Perhitungan Settlement Tanah Format Excel 4

Post a Comment for "PERHITUNGAN SETTLEMENT TANAH FORMAT EXCEL"