Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHITUNGAN PEMBESIAN KOLOM PERSEGI DENGAN METODA KEKUATAN BATAS (ULTIMATE) FORMAT EXCEL

Perhitungan-Pembesian-Kolom-Persegi-Dengan-Metoda-Kekuatan-Batas-(Ultimate)-Format-Excel

Apakah yang dimaksud dengan Metode Kekuatan Batas (Ultimate)??

Dalam metode kekuatan batas (ultimate) penampang struktur direncanakan dengan mempertimbangkan kondisi regangan inelastis saat mencapai kondisi batasnya (kondisi struktur yang stabil sesaat sebelum runtuh). Beban yang menimbulkan kondisi seperti itu disebut beban batas (ultimate). 

Untuk mencari beban batas untuk setiap struktur sangat variatif sekali, sehingga dibuat kesepakatan bahwa beban batas adalah sama dengan kombinasi beban layan dikalikan faktor beban yang ditentukan.

Beberapa alasan digunakannya metode kuat batas (ultimate strength design) sebagai trend perencanaan struktur beton adalah: 
• Struktur beton bersifat in-elastis saat beban maksimum, sehingga teori elastis tidak dapat secara akurat menghitung kekuatan batasnya. Untuk struktur yang direncanakan dengan metode beban kerja (working stress design) maka faktor beban (beban atas/beban kerja) tidak diketahui dan dapat bervariasi dari struktur yang lainnya.

• Faktor keamanan dalam bentuk faktor beban lebih rasional, yaitu faktor beban rendah untuk struktur dengan pembebanan yang pasti, sedangkan faktor beban tinggi untuk pembebanan yang fluaktif (berubah-berubah).

• Kurva tegangan-regangan beton adalah non liner dan tergantung dari waktu, misal regangan rangkak (creep) akibat tegangan yang konstan dapat beberapa kali lipat dari regangan elastis awal. Oleh karena itu nilai rasio modulus (yang digunakan dapat menyimpang dari kondisi sebenarnya. Regangan rangkak dapat memberikan redistribusi tegangan yang lumayan besar pada penampang struktur beton, artinya tegangan sebenarnya yang terjadi pada struktur tersebut bisa berbeda dengan tegangan yang diambil dalam perencanaan.

• Metode perencanaan kuat batas memanfaatkan kekuatan yang dihasilkan dari distribusi tegangan yang lebih efisien yang memungkinkan oleh adanya regangan in-elastis.

• Metode perencanaan kuat batas menghasilkan penampang struktur beton yang lebih efisien jika digunakan tulangan baja mutu tinggi dan tinggi balok yang rendah dapat digunakan tanpa perlu tulangan desak.

• Metode perencanaan kuat batas dapat digunakan untuk mengakses daktilitas struktur di luar batas elastisnya. Hal tersebut penting untuk memasukkan pengaruh redistribusi momen dalam perencanaan terhadap beban gravitasi, perencanaan tahan gempa dan perencanaan terhadap beban ledak (blasting).

Download Perhitungan Pembesian Kolom Persegi dengan Metoda Kekuatan Batas (Ultimate) Format Excel Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Pembesian Kolom Persegi dengan Metoda Kekuatan Batas (Ultimate) Format Excel Format Excel

Perhitungan-Pembesian-Kolom-Persegi-Dengan-Metoda-Kekuatan-Batas-(Ultimate)-Format-Excel-1
Perhitungan Pembesian Kolom Persegi Dengan Metoda Kekuatan Batas (Ultimate) Format Excel 1

Perhitungan-Pembesian-Kolom-Persegi-Dengan-Metoda-Kekuatan-Batas-(Ultimate)-Format-Excel-2
Perhitungan Pembesian Kolom Persegi Dengan Metoda Kekuatan Batas (Ultimate) Format Excel 2

Perhitungan-Pembesian-Kolom-Persegi-Dengan-Metoda-Kekuatan-Batas-(Ultimate)-Format-Excel-3
Perhitungan Pembesian Kolom Persegi Dengan Metoda Kekuatan Batas (Ultimate) Format Excel 3


Post a Comment for "PERHITUNGAN PEMBESIAN KOLOM PERSEGI DENGAN METODA KEKUATAN BATAS (ULTIMATE) FORMAT EXCEL"