Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHITUNGAN KONSTRUKSI SEPTIC TANK FORMAT EXCEL

Perhitungan-Konstruksi-Septic-Tank-Format-Excel

Apakah yang dimaksud dengan Septic Tank??

Septic tank adalah sistem pengolahan limbah berbentuk silinder atau persegi panjang yang digunakan untuk memecah atau menghancurkan limbah dan menampungnya menggunakan bantuan bakteri yang hidup pada materi limbah untuk mengurainya.

Septic tank merupakan salah satu kelengkapan pada suatu bangunan dimana fungsinya sebagai instalasi pengolahan air kotor (air limbah) terutama dari kakus atau WC. Oleh karena itu desain suatu bangunan harus dilengkapi dengan instalasi pengolahan air limbah, apabila instalasi air kotor ini tidak diperhatikan akibatnya akan terjadi pencemaran bagi lingkungan, kotor dan menjijikan bagi rumah disekitarnya.

Menurut SNI : 03-2398-2002 tentang Tata Cara Perencanaan Tangki Septik Dengan Sistem Resapan terdapat aturan mengenai septic tank dengan sistem resapan dengan ukuran dan batasan untuk menentukan kebutuhan minimum fasilitas tangki septik dengan sistem resapan pada kawasan permukiman.

Persyaratan teknis meliputi bahan bangunan harus kuat, tahan terhadap asam dan kedap air; bahan bangunan dapat dipilih untuk bangunan dasar. Penutup dan pipa penyalur air limbah adalah batu kali, bata merah, batako, beton bertulang, beton tanpa tulang, PVC, keramik, plat besi, plastik dan besi.

Tangki septik terbagi menjadi 2 (dua) berdasarkan jenis air limbah yang masuk kedalamnya yaitu tangki septik dengan sistem tercampur dan sistem terpisah. Tangki septik dengan sistem tercampur adalah tangki septik yang menerima air limbah tidak hanya air kotor  dari kloset (WC) saja tetapi juga air limbah dari sisa mandi, mencuci ataupun kegiatan rumah tangga lainnya. 

Sementara itu, tangki septik dengan sistem terpisah adalah tangki septik yang hanya menerima air kotor dari kloset saja. Jenis air limbah yang masuk akan menentukan dimensi tangki septik yang akan digunakan terkait dengan waktu detensi dan dimensi ruang-ruang (zona) yang berada di dalam tangki septik. 

Secara umum, tangki septik dengan bentuk persegi panjang mengikuti kriteria disain yang mengacu pada SNI 03-2398-2002 yaitu sebagai berikut: 
1. Perbandingan antara panjang dan lebar adalah (2-3) : 1
2. Lebar minimum tangki adalah 0,75m
3. Panjang minimum tangki adalah 1,5m
4. Kedalaman air efektif di dalam tangki antara (1-2,1)m
5. Tinggi tangki septik adalah ketinggian air dalam tangki ditambah dengan tinggi ruang bebas (free board) yang berkisar antara (0,2-0,4)m
6. Penutup tangki septik yang terbenam ke dalam tanah maksimum sedalam 0,4m

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak tangki septik yang tidak memenuhi syarat konstruksi sehingga tangki septik cepat penuh atau mencemari lingkungan.  

PERMASALAHAN DALAM MEMBUAT SEPTIC TANK/ TANGKI SEPTIK
Permasalahan-permasalahan yang sering dijumpai di lapangan antara lain : 
1. Kapasitas tangki septik, Ukuran panjang, lebar dan kedalamannya tangki tidak sesuai syarat.

2. Effluent terlalu dekat influent; tidak ada saluran perembesan, jadi effluent langsung dibuang ke badan air dalam keadaan yang membahayakan kesehatan; tidak ada sekat sesudah influent dan sebelum effluent sehingga effluent dapat tersumbat tinja padat. 

3. Tidak ada pipa hawa, sehingga mengganggu proses dalam tangki dan pada waktu akan menyedot lumpur.

4. Saluran perembesan tidak memperhitungkan hasil tes perkolasi atau tes perkolasi memang tidak dilakukan; letak rembesan terlalu dekat (<10m untuk tanah pasir dan <15m untuk tanah liat) ke sumur dangkal.

5. Kemiringan dasar tangki tidak cukup dan hanya dengan satu ruang lumpur maka pada waktu menyedot lumpur akan berbau karena yang tersedot adalah lumpur yang belum membusuk dengan sempurna.

Kesalahan tersebut seharusnya dapat dicegah apabila dibuat perencanaan yang benar serta diawasi dalam pelaksanaannya. Jika hal ini tidak dilakukan, sulit untuk mengetahui adanya kesalahan karena tangki septik tertutup tanah. 

Download Perhitungan Konstruksi Septic Tank Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Konstruksi Septic Tank Format Excel

Perhitungan-Konstruksi-Septic-Tank-Format-Excel-1
Perhitungan Konstruksi Septic Tank Format Excel 1


Perhitungan-Konstruksi-Septic-Tank-Format-Excel-2
Perhitungan Konstruksi Septic Tank Format Excel 2



Perhitungan-Konstruksi-Septic-Tank-Format-Excel-3
Perhitungan Konstruksi Septic Tank Format Excel 3


Perhitungan-Konstruksi-Septic-Tank-Format-Excel-4
Perhitungan Konstruksi Septic Tank Format Excel 4


Perhitungan-Konstruksi-Septic-Tank-Format-Excel-5
Perhitungan Konstruksi Septic Tank Format Excel 5


Perhitungan-Konstruksi-Septic-Tank-Format-Excel-6
Perhitungan Konstruksi Septic Tank Format Excel 6


Perhitungan-Konstruksi-Septic-Tank-Format-Excel-7
Perhitungan Konstruksi Septic Tank Format Excel 7


Post a Comment for "PERHITUNGAN KONSTRUKSI SEPTIC TANK FORMAT EXCEL"