Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHITUNGAN DISAIN BETON PRESTRESS BOX GIRDER FORMAT EXCEL

Perhitungan-Disain-Beton-Prestress-Box-Girder-Format-Excel

Apakah yang dimaksud dengan Box Girder??

Box Girder adalah penyangga horizontal utama suatu struktur atas jembatan atau jalan layang yang terdiri dari balok-balok penopang utama yang berbentuk kotak berongga. Box girder biasanya terdiri dari elemen beton pratekan, baja structural, atau komposit baja dan beton bertulang. 

Bentuk penampang dari box girder umumnya adalah persegi atau trapezium dan dapat direncanakan terdiri atas 1 sel atau banyak sel. Salah satu keuntungan dari jembatan box girder yaitu ketahanan torsi yang lebih baik, yang sangat bermanfaat untuk aplikasi jembatan yang melengkung.

Jembatan box girder beton umumnya dipadukan dengan system prategang. Konsep prategang adalah memberikan gaya tarik awal pada tendon sebagai tulangan tariknya serta memberikan momen perlawanan dari eksentrisitas yang ada sehingga selalu tercipta tegangan total negative baik serat atas maupun bawah yang besarnya selalu dibawah kapasitas tekan beton.

Menurut material penyusunnya girder dapat terdiri dari girder beton dan girder baja. Sedangkan menurut sistem perancangannya, girder terdiri dari girder precast yaitu girder beton yang telah dicetak di pabrik tempat memproduksi beton kemudian beton tersebut dibawa ke tempat pembangunan jembatan atau fly over dan pada saat pemasangan dapat menggunakan girder crane. 

Selain girder precast, juga dikenal istilah on-site girder, yaitu girder yang dicor di tempat pelaksanaan pembangunan jembatan, girder ini dirancang sesuai dengan perancangan beton pada umumnya yaitu dengan menggunakan bekisting sebagai cetakannya. Sehingga yang disebut jembatan sistem girder adalah sebuah struktur bangunan jembatan yang komponen utamanya (balok) berbentuk girder.

Box girder sangat cocok digunakan untuk jembatan bentang panjang. Biasanya box girder didesain sebagai struktur menerus di atas pilar karena box girder dengan beton prategang dalam desain biasanya akan menguntungkan untuk bentang menerus.

Kekakuan torsial yang sangat besar tertutup bagian plat lantai box girder yang memberikan struktur di bawahnya lebih estetis. Lebih efisien untuk penampangnya dikarenakan memiliki berat struktur yang lebih ringan.

Secara interior jembatan box girder dapat digunakan untuk mengakomodasi layanan seperti pipa gas, air, instalasi listik dan lain-lain. Untuk bentang besar flens bawah dapat digunakan sebagai dek lain yang bisa digunakan untuk mengakomodasi lalu lintas juga.

Download Perhitungan Disain Beton Prestress Box Girder Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Disain Beton Prestress Box Girder Format Excel


Perhitungan-Disain-Beton-Prestress-Box-Girder-Format-Excel-1
Perhitungan Disain Beton Prestress Box Girder Format Excel 1


Perhitungan-Disain-Beton-Prestress-Box-Girder-Format-Excel-2
Perhitungan Disain Beton Prestress Box Girder Format Excel 2


Perhitungan-Disain-Beton-Prestress-Box-Girder-Format-Excel-3
Perhitungan Disain Beton Prestress Box Girder Format Excel 3


Perhitungan-Disain-Beton-Prestress-Box-Girder-Format-Excel-4
Perhitungan Disain Beton Prestress Box Girder Format Excel 4


Post a Comment for "PERHITUNGAN DISAIN BETON PRESTRESS BOX GIRDER FORMAT EXCEL"