Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHITUNGAN DAYA DUKUNG TIANG PANCANG FORMAT EXCEL

Perhitungan-Daya-Dukung-Tiang-Pancang-Format-Excel

Apakah yang dimaksud dengan Tiang Pancang??

Tiang pancang adalah suatu bagian struktur yang berperan sebagai pondasi dari suatu konstruksi. Tiang pancang memiliki peranan penting dalam suatu konstruksi, yaitu berperan menerima maupun menahan beban dari struktur atas dan struktur bawah jembatan.

Pada penerapan dilapangan, tiang pancang memiliki 3 macam bentuk yaitu berbentuk silinder, kotak dan segitiga dengan cara pemasangaannya berbeda-beda seperti dibor, didongkrak dan dipukul kedalam tanah.

Dalam pelaksanaan pemancangan pada umumnya dipancangkan tegak lurus dalam tanah, tetapi ada juga dipancangkan miring (battle pile) untuk dapat menahan gaya-gaya horizontal yang bekerja. Hal seperti ini sering terjadi pada dermaga dimana terdapat tekanan kesamping dari kapal dan perahu. Sudut kemiringan yang dapat dicapai oleh tiang tergantung dari alat yang dipergunakan serta disesuaikan pula dengan perencanaannya.

Kegunaan Tiang Pancang

1. Untuk mengangkat beban-beban konstruksi di atas tanah ke dalam atau melalui sebuah lapisan tanah. Di dalam hal ini beban vertikal dan beban lateral boleh jadi terlibat.
2. Untuk menentang gaya desakan keatas, gaya guling, seperti untuk telapak ruangan bawah tanah di bawah bidang batas air jenuh atau untuk menopang kaki-kaki menara terhadap guling.
3. Memampatkan endapan-endapan tak berkohesi yang bebas lepas melalui kombinasi perpindahan isi tiang pancang dan getaran dorongan. Tiang pancang ini dapat ditarik keluar kemudian.
4. Mengontrol lendutan/penurunan bila kaki-kaki yang tersebar atau telapak berada pada tanah tepi atau didasari oleh sebuah lapisan yang kemampatannya tinggi.
5. Sebagai faktor keamanan rambahan di bawah tumpuan jembatan dan atau pir, khususnya jika erosi merupakan persoalan yang potesial.

Jenis-Jenis Tiang Pancang

Berdasarkan jenis materialnya, tiang pancang dibagi menjadi 3 jenis :
1. Tiang Pancang Kayu (Timber Pile)
Tiang pancang jenis ini biasanya digunakan sebagai penyangga rumah-rumah panggung seperti di Kalimantan dan Sumatera. Selain itu, Pancang Kayu juga biasa digunakan untuk rumah-rumah nelayan yang berada di pesisir laut atau sungai.

Jenis Kayu dipilih yang bersifat keras dan tahan terhadap pelapukan tanah,sehingga tidak rusak pada saat pemancangan dan dapat menjalankan fungsinya sebagai fondasi/pancang dalam jangka waktu yang lama.

2. Tiang Pancang Baja (Steel Pile)
Pada umumnya tiang pancang jenis ini yang sering digunakan adalah tiang pancang Pipa. Namun ada juga tiang pancang baja yang berbentuk persegi panjang untuk keperluan konstruksi tertentu.

3. Tiang Pancang Beton (Concrete Pile)
Tiang pancang jenis ini bermaterikan beton dimana terdapat beberapa proses pembuatannya seperti, tiang pancang beton dengan cara cor ditempat (Cast in place) dan tiang pancang beton yang dibuat ditempat lain atau dibuat suatu pabrik tertentu (Precast pile). Tiang pancang Beton biasanya memiliki beberapa bentuk seperti bulat/ Silinder dan Kotak/ Persegi panjang.

KAPASITAS DUKUNG ULTIMIT TIANG PANCANG
Kapasitas dukung tiang adalah kemampuan atau kapasitas tiang dalam mendukung beban (Hardiyatmo, 2011).

Jika dalam kapasitas dukung pondasi dangkal satuannya adalah satuan tekanan (kPa) maka dalam kapasitas dukung tiang pancang satuannya adalah satuan gaya (kN). Kapasitas ultimit tiang yang dipancang dalam tanah kohesif, adalah jumlah tahanan gesek sisi tiang dan tahanan ujungnya. Besar tahanan gesek tiang tergantung dari bahan dan bentuk tiang.

KAPASITAS IJIN TIANG PANCANG
Untuk memperoleh kapasitas ijin tiang, maka kapasitas ultimit tiang dibagi dengan faktor aman tertentu. 

Fungsi faktor aman adalah :  
1. Untuk memberikan keamanan terhadap ketidakpastian dari nilai kuat geser dan kompresibilitas yang mewakili kondisi lapisan tanah.
2. Untuk meyakinkan bahwa penurunan tidak seragam diantara tiang-tiang masih dalam batas-batas toleransi.
3. Untuk meyakinkan bahwa bahan tiang cukup aman dalam mendukung beban yang bekerja.
4. Untuk meyakinkan bahwa penurunan total yang terjadi pada tiang tunggal atau kelompok tiang masih dalam batas-batas toleransi.
5. Untuk mengantisipasi adanya ketidakpastian metode hitungan yang digunakan.

Download Perhitungan Daya Dukung Tiang Pancang Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Daya Dukung Tiang Pancang Format Excel

Perhitungan-Daya-Dukung-Tiang-Pancang-Format-Excel-1
Perhitungan Daya Dukung Tiang Pancang Bulat Format Excel 1


Perhitungan-Daya-Dukung-Tiang-Pancang-Format-Excel-2
Perhitungan Daya Dukung Tiang Pancang Kotak Format Excel 2


Perhitungan-Daya-Dukung-Tiang-Pancang-Format-Excel-3
Perhitungan Daya Dukung Tiang Pancang Segitiga Format Excel 3


Post a Comment for "PERHITUNGAN DAYA DUKUNG TIANG PANCANG FORMAT EXCEL"