Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DESAIN SUBGRADE REACTION/ REAKSI TANAH DASAR FORMAT EXCEL

Perhitungan-Desain-Subgrade-Reaction/-Reaksi-Tanah-Dasar-Format-Excel-4


Apa Modulus Reaksi Tanah Dasar/ Subgrade Reaction?
Modulus reaksi tanah dasar didefinisikan sebagai tekanan per satuan deformasi tanah dasar pada tekanan atau deformasi tertentu. 
dinyatakan sebagai k=p/s.
Di sini, 
k = modulus atau koefisien reaksi tanah dasar; 
p = tekanan yang diberikan dan 
s = deformasi penurunan tanah. 
Koefisien reaksi tanah dasar dinyatakan dalam intensitas beban per satuan perpindahan.

Modulus reaksi tanah dasar atau koefisien reaksi tanah dasar adalah tekanan reaksi yang ditahan oleh contoh tanah di bawah pelat kaku dengan diameter standar per satuan penurunan yang diukur pada tekanan atau penurunan tertentu.

Modulus reaksi tanah dasar (k) digunakan sebagai input utama untuk desain perkerasan kaku. Ini memperkirakan dukungan lapisan di bawah kursus permukaan perkerasan kaku (pelat PCC). Nilai k dapat ditentukan dengan uji lapangan atau dengan korelasi dengan uji lainnya. Tidak ada prosedur laboratorium langsung untuk menentukan nilai-k.

Modulus reaksi tanah dasar didefinisikan sebagai tekanan per satuan deformasi tanah dasar pada tekanan atau deformasi tertentu. 
Hal ini dinyatakan sebagai:
k = p/s
Di sini, 'k' adalah modulus atau koefisien reaksi tanah dasar, 'p' adalah tekanan, dan 's' adalah deformasi penurunan tanah. Koefisien reaksi tanah dasar diukur dan dinyatakan sebagai intensitas beban per unit perpindahan. Dalam sistem satuan SI, dinyatakan sebagai kN/m 2 /m.

Bagaimana cara menentukan modulus reaksi tanah dasar?
Uji beban pelat lapangan digunakan untuk menentukan modulus reaksi tanah dasar. Dalam pengujian ini, tegangan tekan diterapkan pada lapisan tanah melalui pelat kaku, dan defleksi diukur untuk nilai tegangan yang berbeda.

Modulus reaksi tanah dasar ditentukan oleh uji beban pelat lapangan. Dalam pengujian ini, tegangan tekan diterapkan pada lapisan tanah melalui pelat kaku, dan defleksi diukur untuk nilai tegangan yang berbeda.

Pengaturan pengujian terdiri dari kerangka pemuatan yang memiliki dongkrak hidrolik, balok reaksi, dan cincin pembuktian. Penurunan pelat diukur menggunakan dial gauge. Pengukur dial dilampirkan ke bingkai datum terpisah seperti yang ditunjukkan pada Gambar-1. Ukuran standar pelat adalah 750 mm.

Pelat ditempatkan dengan benar di lokasi pengujian. Tempat uji harus diratakan dan disiapkan sebelum menempatkan pelat. Seperti yang ditunjukkan pada gambar, pelat pengaku ditempatkan di pelat bawah dalam urutan diameter yang berkurang.

Prosedur pengujian dimulai dengan menerapkan beban duduk sebesar 7 kN/m 2 . Beban ini dilepaskan setelah beberapa detik. Beban kemudian diterapkan untuk menyebabkan penurunan s = 0,25 mm.

Ketika penurunan tidak meningkat, atau kurang dari 0,025 mm per menit, maka pembacaan dial gauge dilakukan, dan penurunan rata-rata ditentukan. Prosedur ini diulangi sampai penurunan mencapai 0,175 cm.

Tekanan yang sesuai dengan penurunan 0,125 cm dibaca dari plot, dan nilai 'k' ditentukan sebagai:
k = p/0,125

Tanah setelah konstruksi, kemungkinan akan melunak karena getaran eksternal, penetrasi air, dan beban lain yang dipaksakan . Efek ini dipertimbangkan dengan memberikan koreksi tertentu pada nilai 'k'. Di sini, 'k' dikoreksi untuk saturasi penuh. Untuk ini, dua benda uji dari tapak dikenai uji konsolidasi dalam kondisi terendam dan tidak terendam. Uji konsolidasi dilakukan, dan tekanan yang sesuai dengan 0,125 cm ditentukan untuk kedua benda uji. 

Maka modulus keruntuhan yang dikoreksi diberikan oleh:
k' = kx [p/ps ]
Dimana p dan ps adalah tekanan untuk spesimen yang tidak direndam dan yang direndam

Dalam praktiknya, ini digunakan oleh insinyur geoteknik dan struktural untuk analisis struktur. Analisis ini memberikan wawasan tentang penurunan struktur dan tegangan akibat penurunan dalam struktur.


Download Perhitungan Desain Subgrade Reaction/ Reaksi Tanah Dasar Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Desain Subgrade Reaction/ Reaksi Tanah Dasar Format Excel


Perhitungan-Desain-Subgrade-Reaction/-Reaksi-Tanah-Dasar-Format-Excel-1
Perhitungan Desain Subgrade Reaction/ Reaksi Tanah Dasar Format Excel 1

Perhitungan-Desain-Subgrade-Reaction/-Reaksi-Tanah-Dasar-Format-Excel-2
Perhitungan Desain Subgrade Reaction/ Reaksi Tanah Dasar Format Excel 2

Perhitungan-Desain-Subgrade-Reaction/-Reaksi-Tanah-Dasar-Format-Excel-3
Perhitungan Desain Subgrade Reaction/ Reaksi Tanah Dasar Format Excel 3

Post a Comment for "DESAIN SUBGRADE REACTION/ REAKSI TANAH DASAR FORMAT EXCEL"