Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHITUNGAN PEMBESIAN LENTUR DENGAN GAYA NORMAL BALOK PERSEGI FORMAT EXCEL

 

Download-Perhitungan-Pembesian-Lentur-Dengan-Gaya-Normal-Balok-Persegi-Format-Excel

Apakah yang dimaksud dengan Balok???
Balok adalah elemen struktur yang menanggung beban layan dalam arah transversal yang menyebabkan terjadinya momen lentur dan gaya geser di sepanjang bentangnya.

ASUMSI-ASUMSI DALAM PERHITUNGAN
Perhitungan kekuatan lentur penampang beton bertulang menggunakan asumsi-asumsi dasar sebagai berikut :

1) Bentuk penampang melintang tetap berupa bidang datar, baik sebelum maupun sesudah terjadi lenturan. Hal ini berarti berlakunya hukum Bernoulli dimana besarnya tegangan yang terjadi di setiap titik pada penampang balok sebanding dengan jarak titik tinjau terhadap garis netral, dengan anggapan adanya kesatuan antara beton dengan baja tulangan secara monolit dan tidak terjadi slip.

2) Diagram hubungan tegangan-regangan baja tulangan telah diketahui secara pasti melalui hasil uji tarik baja yang valid. Pada umumnya perilaku baja tulangan yang diperhitungkan hanya sampai saat dicapainya tegangan leleh, hal ini dikarenakan setelah fase leleh baja akan mengalami strain hardening, dimana peningkatan tegangan disertai dengan terjadinya deformasi yang sangat besar.

3) Perilaku material beton yang sesungguhnya saat menerima tegangan tekan dapat diketahui secara nyata baik dalam hal besaran maupun distribusinya, yang dapat digambarkan dalam bentuk diagram tegangan-regangan beton dengan mengacu hasil-hasil penelitian yang telah diakui secara luas.

4) Beton hanya efektif menahan tegangan tekan, sehingga kekuatan beton tidak diperhitungkan pada bagian penampang yang menerima tegangan tarik.

5) Regangan maksimum yang dapat dimanfaatkan pada serat tekan beton terjauh harus diambil sama dengan 0,003.

6) Tegangan pada tulangan yang nilainya lebih kecil daripada kuat leleh fy harus diambil sebesar Es dikalikan regangan baja. Untuk regangan yang nilainya lebih besar dari regangan leleh yang berhubungan dengan fy , tegangan pada tulangan harus diambil sama dengan fy.


SYARAT JARAK TULANGAN :
• Tulangan baja pada suatu penampang balok beton harus diletakkan sedemikian rupa sehingga jarak antar poros tulangan dalam satu lapis tidak kurang dari ukuran diameter tulangan, (>db), namun juga tidak kurang dari 25 mm.

• Jika kebutuhan tulangan cukup banyak dan harus disusun lebih dari satu lapis, maka jarak antar lapis tulangan dalam arah vertikal tidak boleh kurang dari 25 mm. Persyaratan jarak antar tulangan ini tercantum pada ACI 318M-11 pasal 7.6.

• Selain itu lebar penampang balok juga harus memperhatikan tentang ketentuan tebal selimut beton yang disyaratkan. Dalam pasal 7.7 ACI 318M-11 disebutkan bahwa untuk penampang balok dan kolom dianjurkan mengambil selimut beton setebal 40 mm, sedangkan untuk pelat yang tidak berhubungan  langsung dengan tanah dapat diambil selimut beton setebal 20 mm.


Download Perhitungan Pembesian Lentur Dengan Gaya Normal Balok Persegi Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Pembesian Lentur Dengan Gaya Normal Balok Persegi Format Excel

Download-Perhitungan-Pembesian-Lentur-Dengan-Gaya-Normal-Balok-Persegi-Format-Excel-1
Perhitungan Pembesian Lentur Dengan Gaya Normal Balok Persegi Format Excel 1


Download-Perhitungan-Pembesian-Lentur-Dengan-Gaya-Normal-Balok-Persegi-Format-Excel-2
Perhitungan Pembesian Lentur Dengan Gaya Normal Balok Persegi Format Excel 2


Post a Comment for "PERHITUNGAN PEMBESIAN LENTUR DENGAN GAYA NORMAL BALOK PERSEGI FORMAT EXCEL"