Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHITUNGAN PEMBESIAN LENTUR BALOK PERSEGI FORMAT EXCEL

 
Perhitungan-Pembesian-Lentur-Balok-Persegi-Format-Excel
Perhitungan Pembesian Lentur Balok Persegi Format Excel

Dalam proses disain suatu balok beton bertulang dengan metode kekuatan (Strength Design Method) atau yang dikenal pula dengan metode ultimit, mengambil beberapa asumsi sebagai berikut :
• Regangan yang terjadi pada beton dan tulangan baja adalah sama

• Regangan pada beton berbanding lurus terhadap jaraknya ke sumbu netral penampang

• Modulus Elastistisitas baja, Es = 200.000 MPa, dan tegangan yang timbul pada tulangan baja dalam daerah elastis sama dengan nilai regangan dikalikan dengan Es (s = e.Es)

• Penampang datar akan tetap datar setelah terjadi lentur

• Kuat tarik dari beton diabaikan

• Kada kondisi keruntuhan regangan maksimum yang terjadi pada serat tekan beton terluar, besarnya adalah sama dengan ecu = 0,003

• Untuk perhitungan kuat rencana, bentuk dari distribusi tegangan tekan beton diasumsikan berupa persegi empat, sesuai dengan asumsi dalam SNI 2847:2013 pasal 10.2


KETENTUAN BETON BERTULANG
Ketentuan mengenai perencanaan beton bertulang biasa maupun beton prategang dalam SNI 2847:2013 pasal 10.3, didasarkan pada konsep regangan yang terjadi pada penampang beton dan tulangan baja. 

Secara umum ada 3 (tiga) macam jenis penampang yang dapat didefinisikan :
• Kondisi regangan seimbang (balanced strain condition)
• Penampang dominasi tekan (compression controlled section)
• Penampang dominan tarik (tension controlled section)


KONDISI PADA DAERAH TRANSISI
Penampang lain yang berada di antara penampang dominan tekan dan dominan tarik, dinamakan berada pada daerah transisi. Di samping itu ditambahkan pula bahwa regangan tarik, e, pada kuat nominal di daerah transisi, tidak boleh kurang dari 0,004 untuk setiap komponen struktur lentur tanpa beban aksial, ataupun bila ada beban aksial tidak melebihi 0,10•f /c •Ag. Dengan Ag adalah luas gross penampang beton.


KONDISI REGANGAN SEIMBANG (BALANCED STRAIN CONDITION)
Kondisi regangan seimbang (balanced strain condition) terjadi pada suatu penampang ketika tulangan baja tarik mencapai regangan luluh, ey, sedangkan beton yang tertekan mencapai regangan ultimitnya sebesar 0,003. Penampang demikian dinamakan sebagai penampang seimbang


PENAMPANG DOMINASI TEKAN (COMPRESSION CONTROLLED SECTION)
Penampang dominasi tekan (compression controlled section) terjadi apabila regangan tulangan tarik terluar sama atau kurang dari batasan regangan yang diijinkan, sedangkan beton mencapai regangan ultimit sebesar 0,003. Untuk tulangan baja dengan fy = 400 MPa, maka batasan regangan tekan tersebut adalah sama dengan 0,002. Kasus ini pada umumnya terjadi pada komponen struktur kolom yang menerima gaya aksial dan momen lentur


PENAMPANG DOMINAN TARIK (TENSION CONTROLLED SECTION)
Penampang dominan tarik (tension controlled section) terjadi ketika regangan baja mencapai 0,005 atau lebih, yang terjadi ketika beton mencapai regangan ultimitnya sebesar 0,003


DISTRIBUSI TEGANGAN TEKAN EKUIVALEN
• Hubungan antara tegangan dan regangan tekan beton dapat dihitung berdasarkan kurva pengujian tegangan-regangan, atau dapat diasumsikan berbentuk persegi empat, trapesium, parabola atau bentuk lain yang dapat merepresentasikan kuat lentur dari penampang.

• Guna penyederhanaan dalam analisis maupun disain penampang beton, maka dalam SNI 2847:2013 pasal 10.2.7, diijinkan untuk menggunakan distribusi blok tegangan ekuivalen berbentuk empat persegi panjang untuk perhitungan kuat lentur nominal.

• Model blok tegangan tersebut sering juga dikenal sebagai Blok Tegangan Whitney, yang pertama kali diperkenalkan dalam jurnal ACI di tahun 1937.

Download Perhitungan Pembesian Lentur Balok Persegi Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru.
Download winrar terbaru disini

Screenshoot Perhitungan Pembesian Lentur Balok Persegi Format Excel
Perhitungan-Pembesian-Lentur-Balok-Persegi-Format-Excel-1
Perhitungan Pembesian Lentur Balok Persegi Format Excel 1
 

Perhitungan-Pembesian-Lentur-Balok-Persegi-Format-Excel-2
Perhitungan Pembesian Lentur Balok Persegi Format Excel 2

Post a Comment for "PERHITUNGAN PEMBESIAN LENTUR BALOK PERSEGI FORMAT EXCEL"