Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERENCANAAN STRUKTUR BETON UNTUK JEMBATAN| EBOOK GRATIS

PERENCANAAN STRUKTUR BETON UNTUK JEMBATAN

 Perencanaan Struktur Beton Jembatan
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 150 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : Departemen Pekerjaan Umum
 Sifat : GRATIS
Download

Ringkasan Perencanaan Struktur Beton Jembatan
Standar Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan ini digunakan untuk merencanakan jembatan jalan raya dan jembatan pejalan kaki di Indonesia, yang menggunakan komponen struktur beton bertulang dan beton prategang dengan memakai beton normal, dan dengan panjang bentang tidak lebih dari 10O meter. 

Untuk jembatan berbentang panjang (> 100 m), atau yang menggunakan sistem struktur khusus, atau material khusus, atau cara pelaksanaan yang khusus, perlu diperhatikan kondisi-kondisi khusus yang sesuai, di mana usulan dan analisis struktur yang telah memperhitungkan kondisi-kondisi khusus tersebut harus dilakukan secara rinci, dan diserahkan kepada yang berwenang beserta semua pembuktian kebenarannya.

Beton normal yang dimaksud dalara standar ini adalah beton yang dibuat dengan menggunakan semen portland, mempunyai massa jenis sekitar 2400 kg/m3, dan mempunyai kuat tekan (berdasarkan benda uji silinder) antara 20 MPa sampai dengan 60 MPa (setara dengan K250 - K700 berdasarkan benda uji kubus). termasuk beton ringan yang mempunyai massa jenis tidak kurang dari 2000 kg/m3 dan mempunyai kuat tekan antara 20 MPa sampai dengan 40 MPa. 

Walaupun demikian, standar ini bisa berlaku untuk penggunaan beton bermutu tinggi dengan kuat tekan yang lebih tinggi dari 60 MPa, atau beton ringan dengan massa jenis yang kurang dari 2000 kg/m3, asalkan bila dianggap perlu bisa dilakukan penyesuaian pada perilaku material beton tersebut, berdasarkan suatu acuan teknis atau hasil penelitian yang bisa diterima oleh yang berwenang.


Post a Comment for "PERENCANAAN STRUKTUR BETON UNTUK JEMBATAN| EBOOK GRATIS"