Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan

Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan

 Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan 
 Bahasa : Indonesia
 Halaman : 153 Halaman
 Format : Pdf
 Sumber : Departemen Pekerjaan Umum
 Sifat : GRATIS
Download

Cuplikan Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan

Standar Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan ini digunakan untuk merencanakan jembatan jalan raya dan jembatan pejalan kaki di Indonesia, yang menggunakan bahan baja dengan panjang bentang tidak lebih dari 100 meter.

Standar ini meliputi persyaratan minimum untuk perencanaan, fabrikasi, pemasangan dan modifikasi pekerjaan baja pada jembatan dan struktur komposit, dengan tujuan untuk menghasilkan struktur baja yang memenuhi syarat keamanan, kelayanan dan keawetan. Cara perencanaan komponen struktur yang digunakan berdasarkan Perencanaan Beban dan Kekuatan Terfaktor (PBKT). 

Umur Rencana Jembatan 

Umur rencana jembatan pada umumnya disyaratkan 50 tahun, namun untuk jembatan penting, jembatan bentang panjang atau yang bersifat khusus, disyaratkan mempunyai umur rencana 100 tahun. 

Dalam perencanaan kekuatan elemen baja sebagai komponen struktur jembatan harus memperhatikan faktor integritas komponen-komponen struktural maupun keseluruhan struktur jembatan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor: 
a. Kontinuitas dan redundansi.
b. Ketahanan komponen struktur jembatan yang terjamin terhadap kerusakan dan instabilitas sesuai umur jembatan yang direncanakan.
c. Aspek perlindungan eksternal terhadap kemungkinan adanya beban yang tidak direncanakan atau beban berlebih.

Post a Comment for "Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan"