Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Import Titik Koordinat Dari Excel Ke Autocad Dengan Script Autocad

Cara Import Titik Koordinat Dari Excel Ke Autocad Dengan Script Autocad
Cara Import Titik Koordinat Dari Excel Ke Autocad Dengan Script Autocad

Halo sobat arsitek dan teknik sipil, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat, panjang umur dan berkah lancar... Amin Allahumma Amin
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Cara Import Titik Koordinat Dari Excel Ke Autocad Dengan Script Autocad kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Script Autocad ini sangat cocok untuk anda yang ingin belajar memasukkan data ukur jalan dengan cepat di aplikasi AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar, siswa dan siswi yang masih sangat pemula termasuk mahasiswa dan mahasiswi.

Pengertian Titik Koordinat

Titik Koordinat adalah penggabungan dua titik yang berasal dari garis x dan y atau dari garis latitude dan longitude suatu daerah tertentu.
Untuk menggambar di autocad sangat ditentukan oleh titik koordinat, titik tersebut menjadi acuan membuat gambar yang memiliki pola, baik berupa denah potongan memanjang, potongan melintang dan sebagainya.

Cara Import Titik Koordinat Dari Excel Ke Autocad

Cara import titik koordinat dari excel ke autocad caranya sangat banyak, tapi kali ini saya fokus menggunakan script autocad. 
Sangat mudah sekali cara mengimport titik koordinat dari excel ke autocad menggunakan script autocad, ikuti langkah-langkah dibawah ini
1. Buka file script autocad format excel (file ini bisa anda download secara gratis pada kolom dibawah yang sudah disediakan).
2. Isikan nilai titik x dan titik y atau nilai latitude dan longitude pada excel.
3. Setelah selesai mengisi nilai koordinat, lalu pindah ke "sheet script".
4. Copy isian dari sheet tersebut sampai tulisan zoom E
5. Buka aplikasi notepad, lalu paste kedalam natepad tersebut
6. Simpan file notepad dan beri nama sesuai keinginan dengan diakiri format .scr
    misalkan : latihan.scr
7. Buka aplikasi autocad anda, pilih Tool - Run Script - pilih file - open
8. Secara otomatis titik koordinat akan muncul di autocad

Gampang sekali bukan!!!

kalau masih bingung cara menggunakan script autocad, silahkan menonton videonya dibawah ini cara klik tulisan "lihat Video"

Download Script Autocad

File yang saya bagikan ini merupakan file Script Autocad berupa format excel. sehingga dapat memudahkan dalam memahami, dan belajar mengimport titik koordinat dari excel ke autocad.

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Apabila sobat teknik sipil ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
 Group Instagram Youtube

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Cara Import Titik Koordinat Dari Excel Ke Autocad Dengan Script Autocad, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat....

Post a Comment for "Cara Import Titik Koordinat Dari Excel Ke Autocad Dengan Script Autocad"