Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TAHAPAN PEKERJAAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN

TAHAPAN PEKERJAAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN
(Terdapat 12 Buku)

Tahapan pekerjaan konstruksi
Tahapan Pekerjaan Konstruksi

Halo sobat teknik sipil, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu dan diberi kemudahan dalam segala hal. Amin Allahumma Amin. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel Tahapan Pekerjaan Konstruksi kepada sobat semua.

Artikel ini ditulis sesuai dengan ilmu dan wawasan penulis yang didapatkan dari beberapa sumber referensi, apabila ada kesalahan dan kekurangan silahkan diberi masukan di kolom komentar agar artikel ini bisa menjadi lebih baik lagi dan bermanfaat bagai sobat teknik sipil yang lainnya.

Dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi jalan maupun jembatan sangat diperlukan acuan ataupun aturan sebagai dasar atau bekal dalam melaksanakan kegiatan. Aturan ini selalu diperbaharui seiring dengan perkembangan jaman agar lebih relevansi, akurat dan ekonomis.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan Manual atau acuan dalam tahapan pelaksanaan pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan. Manual tersebut berisi 12 buku dengan format pdf. Secara ringkas manual yang akan penulis bagikan isinya sebagai berikut :

BUKU 1: PENDAHULUAN
Secara ringkas buku ini membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan mutu pekerjaan, antara lain :
Quality Control yaitu mengamankan seluruh komponen secara menyeluruh dan mendetail (tidak secara random) untuk memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan dan selalu dilengkapi daftar simak apa yang akan diperiksa.

Quality Assurance yaitu suatu kegiatan yang sistematik dan terencana yang ditetapkan dalam sistem mutu,  untuk menyakinkan apakah proses Quality Control cukup terarah sesuai sasaran dan cukup efektif, secara random dilakukan kontrol pengamanan kualitas sebagai sarana counter check.

Safety Control yaitu menekankan pada pengamanan dalam seluruh proses pekerjaan yang terlibat, secara teknis lebih banyak kearah mengamankan struktur pekerjaan dan langkah pengendalian resiko dalam cara pelaksanaan (kemungkinan kecelakaan, kebakaran dll).

Observasi berkala yaitu mengamankan tercapainya sasaran desain dengan segala konsep, metode, asumsi, perilaku struktur, urutan pelaksanaan, dan observasi cermat serta detail.

BUKU 2: RAPAT PERSIAPAN PELAKSANAAN PEKERJAAN 
PRE-CONSTRUCTION MEETING (PCM)
Secara ringkas buku ini membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan proses persiapan pelaksanaan pekerjaan, antara lain :
- Mengatur tatacara pelaksanaan rapat persiapan pekerjaan (Pre Construction Meeting/PCM) untuk menghilangkan keragu-raguan dan perbedaan persepsi tentang dokumen kontrak dan turunannya.

- Menyatukan pengertian terhadap seluruh Dokumen Kontrak, dan membuat kesepakatan terhadap hal-hal penting yang belum terdapat dalam Dokumen Kontrak maupun kemungkinan-kemungkinan kendala yang akan terjadi dalam pelaksanaan pekerjaan.

- Mendapatkan kesepakatan bersama di dalam menyelesaikan masalah-masalah yang diperkirakan akan timbul dilapangan saat pelaksanaan, sebagai tahapan awal dari tindakan pengendalian oleh Direksi Pekerjaan terhadap pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

BUKU 3: RENCANA MUTU KONTRAK (RMK)
Secara ringkas buku ini membahas tentang prosedur mengevaluasi Rencana Mutu Kontrak sebagai dokumen yang berisi tentang metode dan sumber daya yang diperlukan, yang harus diterapkan oleh Penyedia Jasa pada suatu kegiatan proyek dengan hasil pekerjaan dan proses pekerjaan pada kontrak tertentu.

Dokumen rencana mutu dibedakan menjadi 3 bagian yaitu :
Rencana Mutu Unit Kerja (RMU) adalah dokumen rencana penetapan kinerja sebagai penjabaran dari sasaran dan program tahunan berjalan yang disusun oleh Unit Kerja Eselon I sampai dengan Eselon II dalam rangka menjamin mutu.

Rencana Mutu Pelaksanaan (RMP) adalah dokumen sistem manajemen mutu pelaksanaan yang disusun oleh Kepala Satker, SNVT, SKS dan PPK dalam rangka menjamin mutu.

Rencana Mutu Kontrak (RMK) adalah dokumen sistem manajemen mutu yang disusun oleh Penyedia Jasa (Konsultan dan kontraktor) untuk setiap kontrak pekerjaan dalam rangka menjamin mutu.

BUKU 4: MOBILISASI PROYEK
Secara ringkas buku ini membahas tentang pelaksanakan pekerjaan mobilisasi sesuai dengan ketentuan dalam kontrak. Mobilisasi Proyek adalah tahapan pekerjaan konstruksi  yang memuat proses saat mengadakan, memasang/setting sampai siap untuk dipakainya peralatan, fasilitas laboratorium dan perlengkapan-perlengkapan yang sangat diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan sesuai ketentuan-ketentuan dalam Kontrak.

BUKU 5: PENYIAPAN GAMBAR KERJA 
(SHOP DRAWING)
Secara ringkas buku ini memuat tahapan proses penyiapan gambar kerja (shop drawing) pada suatu kegiatan dari bagian atau sub bagian penanganan pekerjaan jalan, jembatan dan bangunan pelengkap lainnya dimulai dari penyerahan dokumen kontrak sampai dengan persetujuan gambar kerja yang dituangkan dalam Berita Acara. 

Gambar Kerja (shop drawing) adalah gambar yang digunakan untuk pelaksanaan suatu bentuk konstruksi yang akan dikerjakan yang disusun berdasarkan gambar rencana (design drawing) dan telah disesuaikan (secara detail termasuk dimensi dan elevasi, perhitungan dan estimasi) dengan kondisi lapangan terkini dan akan digunakan sebagai dasar pelaksanaan rencana mutu kontrak Penyedia Jasa (Contractor’s Quality Plan/CQP).

BUKU 6: PEMERIKSAAN TERHADAP IJIN KERJA (REQUEST)
Request adalah bukti tertulis yang diajukan oleh Penyedia Jasa (Kontraktor) yang harus diverifikasi (sesuai prosedur yang ditentukan) oleh pihak pihak yang terkait, yang disertai dengan lampiran pendukungnya.

Pemeriksaan terhadap Ijin Kerja (Request) yang diajukan oleh Penyedia Jasa selaku Pelaksana Pekerjaan bertujuan untuk memastikan kesiapan lapangan dan sumber daya yang akan digunakan serta kesiapan Penyedia Jasa untuk melaksanakan pekerjaan yang diajukannya. 

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kesiapan lapangan, tenaga kerja, bahan yang dipersiapkan dan peralatan yang dicantumkan pada Formulir Request beserta Data Pendukung seperti gambar kerja, estimasi kuantitas dan lainnya yang diajukan oleh Penyedia Jasa.

BUKU 7: PENGAWASAN PELAKSANAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI
Tujuan Pengawasan dalam pelaksanaan konstruksi jalan dan jembatan yaitu untuk pengendalian pelaksanaan pekerjaan dilapangan agar pelaksanaan pekerjaan tersebut sesuai dengan rencana mutu, biaya, dan waktu serta sasaran kinerja yang telah ditetapkan di dalam kontrak jasa konstruksi. 

Fungsi Dasar Pengawasan adalah membentuk sistem pengaman untuk penerapan desain/rencana dan spesifikasi teknik dalam pelaksanaan suatu pekerjaan supaya dapat berjalan sesuai dengan sasaran yang diharapkan, dengan resiko yang sekecil mungkin.

BUKU 8: SISTEM MANAJEMEN MUTU
Manajemen Mutu adalah suatu kegiatan yang terkoordinasi untuk mengarahkan dan pengendalian yang terkait dengan mutu dan pada umumnya mencakup penetapan tentang Kebijakan Mutu, Sasaran Mutu, Perencanaan Mutu, Pengendalian Mutu, Penjaminan Mutu dan Perbaikan Mutu.

Sedangkan didalam pengawasan pelaksanaan pekerjaan jalan dan jembatan dokumen Sistem Manajemen Mutu yang harus dipersiapkan sekurang-kurangnya terdiri dari :
a. Sasaran Mutu;
b. Rencana Mutu;
c. Manual Mutu;
d. Prosedur Mutu;

BUKU 9: PEMERIKSAAN, PENGUKURAN DAN VALIDASI PEKERJAAN KONSTRUKSI
Secara ringkas buku ini memuat tatacara pemerikasaan, pengukuran dan validasi jenis pekerjaan (mata pembayaran) yang ada didalam daftar kuantitas dan harga didalam kontrak dan telah dikerjakan sesuai request yang bersangkutan serta waktu yang telah ditentukan. Sehingga hasil pekerjaan tersebut dapat diajukan untuk dibayar.

Validasi adalah konfirmasi melalui penyediaan bukti obyektif, bahwa persyaratan bagi pemakaian atau aplikasi dimaksud telah dipenuhi.

BUKU 10: PROSEDUR PERUBAHAN KONTRAK
Umumnya jenis perubahan kontrak dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
Perintah Perubahan Kontrak (Contract Change Order) dengan tidak ada penambahan biaya maupun waktu, dan Amandemen Kontrak yang disebabkan adanya revisi desain yang mengakibatkan adanya penambahan atau pengurangan biaya atau perubahan waktu pelaksanaan.

BUKU 11: SERAH TERIMA PEKERJAAN
Dalam kegiatan pekerjaan kontruksi terdapat 2 macam serah terima pekerjaan, yaitu :
Serah Terima Pertama Pekerjaan Provisional Hand Over (PHO) adalah peristiwa penyerahan hasil pekerjaan Penyedia Jasa secara menyeluruh sesuai kontrak dan amendemennya kepada Pemilik / Direksi Pekerjaan, yang masih harus dipelihara dan dijamin mutunya sampai dengan masa jaminan selesai sesuai yang diatur dalam Kontrak.

Serah Terima Akhir Pekerjaan (Final Hand Over) adalah  peristiwa penyerahan hasil pekerjaan Penyedia Jasa secara menyeluruh sesuai kontrak  berikut amandemannya kepada Pemilik/Direksi Pekerjaan, setelah selesainya masa/ waktu pemeliharaan sesuai ketentuan yang diatur dalam kontrak.

BUKU 12: PELAPORAN
Secara ringkas buku ini meliputi pelaporan segala kegiatan konstruksi maupun financial cash flow di lapangan secara periodik, jenis laporan meliputi :
1. Laporan Harian,
2. Laporan Mingguan,
3. Laporan Bulanan,
4. Laporan Triwulan,
5. Laporan Akhir.
Laporan Kegiatan Proyek (Fisik) adalah “Penting" dan harus akurat serta benar informasi yang dibuatnya.

Baiklah sobat, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma - cuma



Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain. Terimakasih

Apabila sobat teknik sipil ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Sekian artikel kali ini mengenai Tahapan Pekerjaan Konstruksi, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman anda di sosial media agar bermanfaat bagi yang lainnya dan semoga kebaikan kalian mendapatkan Berkah dan Rahmat dari Sang Maha Pencipta... Amin Allahumma Amin.

2 comments for "TAHAPAN PEKERJAAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN"