Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

INSTALASI PENGOLAHAN AIR SEDERHANA

INSTALASI PENGOLAHAN AIR SEDERHANA




Gambaran Singkat Tentang E-book Ini
Air  bersih  merupakan  salah  satu  kebutuhan  dasar  bagi  manusia.  Kualitas  air  baku untuk air bersih, baik air permukaan maupun air tanah, bervariasi untuk itu diperlukan perlakuan yang bebrbeda dalam mengolah setiap jenis sumber air baku. Pengolahan air  di  wilayah  perdesaan  dapat  dilakukan  dengan  menggunakan  pengolahan  air sederhana.  Modul  ini  menyediakan  penjelasan  mengenai  beberapa  alternatif pengolahan  air  sederhana  untuk  berbagai  kualitas  air  baku.  Namun,  penjelasan mengenai bangunan intake tidak tercakup dalam modul ini.

Modul  ini  bertujuan  untuk  memberikan  penjelasan  kepada  masyarakat  mengenai sistem  pengolahan  dan  pembangunan  Instalasi  Pengolahan  Air  Sederhana  (IPAS) untuk wilayah perdesaan.

Pilih  sumber  air  baku  yang  berpotensi  baik  dari  segi  kualitas  maupun  kuantitas (mata air, air tanah, air hujan, atau air permukaan). Berdasarkan jenis sumber yang dapat dimanfaatkan tersebut, maka  dipilihlah  jenis teknologi yang sesuai dengan jenis sumber air baku dan yang layak untuk diterapkan, yang mempunyai ciri khusus yaitu  teknologi  yang  sederhana  serta  murah  dalam  pengoperasian  dan perawatannya.

Beberapa parameter fisik yang dapat diukur untuk menentukan kualitas air baku di lapangan secara sederhana adalah sebagai berikut :
1)  Kekeruhan
2)  Rasa
3)  Warna dan bau

Untuk membaca lebih komplit tentang “INSTALASI PENGOLAHAN AIR SEDERHANA” silahkan mengunduh file ini tinggal klik kata UNDUH FILE, Artikel ini bersumber dari Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Post a Comment for "INSTALASI PENGOLAHAN AIR SEDERHANA"