Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DASAR - DASAR RUMAH SEHAT

DASAR - DASAR RUMAH SEHAT



DASAR_DASAR_RUMAH_SEHAT
Kebutuhan  akan  rumah  dapat  dikategorikan  sebagai  salah  satu  kebutuhan  pokok atau  sebagai  persyaratan  minimal  yang  harus  dipenuhi  suatu  keluarga  selain  pangan  dan sandang.  Konsep  rumah  tidak  sebatas  bentuk  bangunan  fisik  saja.  Fungsi  rumah  adalah sebagai  tempat  tinggal  dalam  suatu  lingkungan  yang  seharusnya  dilengkapi  dengan prasarana dan sarana yang diperlukan manusia untuk memasyarakatkan dirinya.



Dasar - Dasar Perencanaan Rumah Sehat
Menurut Undang-undang No. 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Permukiman :
a. Rumah adalah bangunan gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni,  sarana  pembinaan  keluarga,  cerminan  harkat  dan  martabat  penghuninya, serta aset bagi pemiliknya.

b. Perumahan  adalah  kumpulan  rumah  sebagai  bagian  dari  permukiman,  baik perkotaan  maupun  perdesaan,  yang  dilengkapi  dengan  prasarana,  sarana,  dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak huni.

c. Prasarana  adalah  kelengkapan  dasar  fisik  lingkungan  hunian  yang  memenuhi standar tertentu untuk kebutuhan bertempat tinggal yang layak, sehat, aman, dan nyaman.

d. Sarana  adalah  fasilitas dalam lingkungan hunian yang berfungsi untuk mendukung penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi.

Dalam  pengertian  diatas  makan  dapat  dikatakan  rumah  sehat  adalah  rumah  yang memungkinkan  para  penghuninya  dapat  mengembangkan  dan  membina  fisik  mental maupun sosial keluarga.

Prasarana lingkungan meliputi :
a. Jalan-jalan dan jembatan, 
b. Air bersih, listrik,
c. Telepon,
d. Jaringan air kotor,
e. Drainase,
f.  Persampahan, dll.

Sarana ingkungan meliputi :
a. Pelayanan  sosial,  yang  terdiri  dari  sekolah,  puskesmas/rumah  sakit  dan pemerintahan.

b. Fasilitas  sosial,  yang  terdiri  dari  tempat  peribadatan,  tempat  pertemuan,  lapangan olahraga/ruang terbuka/tempat bermain, dan perbelanjaan.

Artikel ini bersumber dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Untuk mendapatkan secara lengkap silahkan klik tulisan Unduhan

Post a Comment for "DASAR - DASAR RUMAH SEHAT"